Memprihatinkan Kondisi Mobil Operasional Dinsos di Tabanan ‎

Sabtu, 23 April 2016 21:50 Kesehatan

Bagikan

Memprihatinkan Kondisi Mobil Operasional Dinsos di Tabanan ‎
Mobil Operasional Dinsos Tabanan yang sudah “tua”.ayu.Semetonnews
Tabanan, Semetonnews – Mengirim Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan salah satu tugas Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tabanan. Namun sayang hingga saat ini Dinsos Tabanan belum memiliki mobil khusus untuk melakukan tugas tersebut.

Kabarnya, selama ini Dinsos Tabanan hanya memanfaatkan mobil bekas ambulan miliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Tabanan yang tak terpakai di Gudang Farmasi.

Seperti halnya yang diungkapkan oleh Kepala Seksi Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Tabanan, Driana Rika Rona, Sabtu (23/4/2016). Dirinya mengatakan jika mobil L300 berwarna putih tersebut kemudian dipasangi trali untuk keamanan ODGJ dan petugas. 

“Kalau tidak dipasang trali bisa saja pasien yang kita antar ke RSJ Bangli melompat apalagi jika sedang dalam kondisi mengamuk,” ungkapnya.

Disamping itu, umur mobil yang sudah “tua” mau tak mau menyebabkan mobil tersebut sering mogok dan harus dibawa ke bengkel. Menurutnya hal tersebut juga membuat kinerja menjadi terganggu. 

“Volume kerja kita lumayan tinggi, tetapi mobil operasional kita seperti ini keadaannya,” imbuhnya.

Dinsos Tabanan sejatinya memiliki sejumlah kendaraan operasional yang terdiri dari dua unit mobil Carry dan satu unit mobil L300 berwarna putih yang digunakan untuk mengirim ODGJ ke RSJ Bangli dengan kondisi yang sering mogok. 

Namun ternyata hal yang sama juga terjadi pada mobil Carry yang biasanya digunakan untuk mengantarkan Gelandangan kedaerah asal mereka, karena juga menjadi langganan bengkel.

Penulis : Trisna Ayu
Editor : Paksi Jalantaka ‎