Ide Kriatip Para Siswa SMP di Buleleng ini Sulap Koran Bekas Jadi Kerajinan Ekonomis

Minggu, 24 April 2016 11:36 Sport & Life Style

Bagikan

Ide Kriatip Para Siswa SMP di Buleleng ini Sulap Koran Bekas Jadi Kerajinan Ekonomis
Siswa SMAN 4 Singaraja ini tunjukkan karyanya dari koran bekas.Arik/Semetonnews
Buleleng, Semetonnews - Ide kreatip anak-anak SMPN 4 Singaraja, patut dicungi jempol. Mereka memanfaatkan koran- koran bekas, untuk menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis. 

Para siswa SMP ini memamerkan hasil kerajinannya ini, di Sasana Budaya Singaraja, Minggu (24/4/2016), dalam memperingati Hari Bumi Sedunia.

Sejumlah kerajinan yang berbahan dasar koran bekas itu, diantaranya ada yang berupa bokor, celengan ayam, sampai dengan ada yang berupa topeng celuluk.

Salah seorang siswa kelas VIII A1 SMPN 4 Singaraja, Putu Eka Saskara (13) menjelaskan, ide pembuatan kerajinan ini, setalah melihat banyak koran-koran bekas dibuang di tempat sampah sekolah. Sehingga, muncul inisiatif mengolahnya dengan ramah lingkungan.

"C‎ara buatnya tidak sulit, koran bekas kami kumpulkan, kemudian digulung-gulung dan dibentuk melingkar sesuai yang dibuat, dan dilapisi lem dan ditutupi dengan serbuk gergaji. Setelah itu dikeringkan dan diamplas, jadilah kerajinan ini," ujar Eka.

Siswi lainnya, Gusti Ayu Ketut Sinta Maharani (14) menuturkan, lama pengerjaan kerajinan itu tergantung kesulitannya. Untuk kerajinan satu buah bokor dikerjakan lima orang dan selesai dalam waktu tiga hari.

"Kalau topeng celuluk ini cukup lama bisa sampai seminggu, karena polanya lebih rumit, seperti membuat pola gigi, hidung dan matanya," kata Sinta.

Hasil kerajinan mereka ini hanya masih sebatas dipamerkan di lingkungan sekolah saja. Kerajinan ini masih belum diperjualbelikan karena siswa-siswi ini masih belum tahu cara pemasarannya. Mereka berharap, ada bantuan dari Pemerintah maupun pihak Sekolah ataupun Swasta yang ikut mempromosikan hasil kerajinan mereka.



Penulis : Kadek Ari Setun‎
Editor : Paksi Jalantaka ‎