Sedang Asyik Merokok, 28 Pengunjung RSUP Kena Sidak KTR

Selasa, 26 April 2016 21:22 Peristiwa

Bagikan

Sedang Asyik Merokok, 28 Pengunjung RSUP Kena Sidak KTR
Nampak dua pegunjung terpergok Sat Pol PP sedang merokok di area RSUP Sanglah (Red/semetonnews)

Denpasar, Semetonnews-Tim gabungan penegakan perda dari provinsi, terus gencar menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di RSUP Sanglah, guna menegakan Perda No 10 Tahun 2011, tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Selasa (26/4/2016) pukul 19.00 wita. Dari pantauan Semetonnews.com, sejumlah pengunjung yang sedang asyik menghisap rokok di area RSUP Sanglah, tidak berkutik ketika para petugas mennghampiri mereka.

Para pelanggar KTR ini pun kemudian digiring ke tempat pencatatan data dan menyita sejumlah barang bukti. Selanjutnya, Aparat menyita kartu identitas berupa KTP atau SIM sebagai jaminan untuk mengikuti sidang di PN Denpasar 29 April mendatang. Seperti yang dialami I Nyoman Werta (76), penunggu pasien yang berasal dari Jemberana, Negara ini, mengaku jika dirinya tidak tahu ada Perda KTR. "Tiang (Saya) baru sampai disini, di RSUP Sanglah. tiang tidak tahu," katanya dalam bahasa Bali dengan terbatah-batah sembari mengaku ia menderita nganguan penglihatan sehingga tidak bisa membaca tulisan "Dilarang Merokok" yang tertempel disetiap sudut lingkungan RSUP Sanglah.


Tim yang turun setidaknya sebanyak 20 orang anggota, yakni terdiri dari Sat Pol PP Prov Bali, POM Dam IX Udayana, Binmas Polda Bali, Ditreskrimsus Polda Bali dan Diskes Prov Bali dibantu oleh Satuan Pengaman RSUP Sanglah. Petugas pun tidak hanya menjaring pelanggar KTR yang ada didepan area beranda RSUP Sanglah, tetapi juga menyusuri setiap koridor yang ada di rumah tersebut. Alhasil, petugas pun menemukan sejumlah bungkus rokok didepan ruangan Coass yang terletak disamping ruang Angsoka RSUP Sanglah.

"Kami menemukan 2 bungkus rokok yang berisi puntung rokok didepan ruangan Coass. Namun, kami tidak bisa menemukan pelakunya. Untuk itu, kami akan melaporkan penemuan ini ke atasan kami nantinya," Kata Korlap Satpam RSUP Sanglah Ngurah Putrawan. Sementara itu, Kasi Penegakan Hukum Pol PP Prov Bali, I Ketut Pongres, mengatakan Sidak kali ini sengaja dilakukan pada malam hari untuk menindak lanjuti laporan dari pihak manajemen RSUP Sanglah.

"Kami segaja memilih malam hari karena ingin menyampaikan ke masyarakat, bahwa petugas bisa datang kapan saja untuk melakukan Sidak KTR selama tempat itu masuk dalam are KTR," tegasnya. Pongres mengungkapkan, bahwa dalam Sidak yang digelar mulai dari pukul 19.00 wita sampai 20.30 wita ini, petugas berhasil menjaring 28 pengunjung RSUP Sanglah sebagia pelanggar KTR. "KTP dari para pelanggar ini disita, dan kami menyerahkan surat sebagai bukti untuk mengikuti sidang di PN Denpasar nanti," katanya

Reporter : Yohanes Rafael Seriang

Editor      : Maria Gracia