Cegah Penularan Penyakit Dengan Menjaga Kebersihan Tangan

Rabu, 04 Mei 2016 22:00 Kesehatan

Bagikan

Cegah Penularan Penyakit Dengan Menjaga Kebersihan Tangan
Seorang penunggu pasien sedang melakukan cuci tangan dengan alkhol handrub di RSUP Sanglah
Denpasar, Semetonnews- Petugas RSUP Sanglah akan mendatangin setia pengunjung rumah sakit untuk menginstruksikan 5 momen cuci tangan. Hal ini dilakukan, sekaligus untuk memperingati hari Kebersihan Tangan (Hand Hygiene) yang jatuh pada, Kamis (4/5/2016) besok.

Ketua Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP Sanglah, dr I Wayan Suryanto Dusak. SpOT (K) menjelaskan konsekuensi cuci tangan masih sangat jarang dipahami oleh masyarakat luas.

"Dari berbagai hasil survei membuktikan bahwa menjaga kebersihan tangan sangat efektif untuk mencegah kejadian infeksi yang terjadi di rumah sakit. Namun, hal ini belum sepenuhnya dipahami masyarakat luas dan praktiknya masih belum banyak diterapkan dalam pelaksanaan tugas di rumah sakit dan kehidupan sehari" terangnya di RSUP Sanglah, Denpasar, Rabu (4/5/2016).

dr Dusak juga menerangkan varian kuman dan mikroorganisme yang merupakan penyebab penyakit infeksi salah satunya berasal dari kontak tangan.

Ia berharap agar acara hygiene day dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat atau khususnya petugas rumah sakit akan pentingnya menjaga berprilaku hidup sehat yang dimulai dengan kebersihan tangan sehingga dapat  mencegah menularnya berbagai penyakit.

Penulis : Yohanes Rafael
Editor   : Robinson Gamar