Perhatikan Keutuhan Perbatasan NKRI, Pesan Mantan Pangdam IX Udayana Kepada Penggantinya.

Selasa, 10 Mei 2016 00:37 Peristiwa

Bagikan

Perhatikan Keutuhan Perbatasan NKRI, Pesan Mantan Pangdam IX Udayana Kepada Penggantinya.
Panglima KODAM IX Udayana, Senin (9/5) (wan-semetonnews)

Denpasar, Semetonnews - Mantan Pangdam IX Udayana Mayjend TNi M. Setyo Sularso menyerahkan tanggung jawab keamanan perbatasan kepada Pangdam Baru. Serah terima tongkat Komando Daerah Militer IX Udayana di gelar Senin (9/5) malam, di Aula Makodam IX Udayana.

Pada malam pergantian pucuk pimpinan di lingkungan Komando Daerah Militer IX dihadiri sejumlah petinggi pejabat daerah Bali, seperti Kapolda Bali Irjen Pol. Sugeng Priyanto, Gubenur Bali Made Mangku Pastika dan sejumlah pejabat pemerintahan lainnya, dari Kabupaten Badung Wakil Bupati Ketut Suiasa tampak duduk di bangku undangan, serta Ketua Organisasi Masyarakat, serta Lembaga Non Pemerintah. 


Pisah sambut bagi pejabat lama dan pejabat baru menjadi tradisi untuk menjalin tali kerjasama sekaligus bentuk penghormatan dan penghargaan bagi yang akan mengemban tugas baru. 


Acara ini diikuti pula oleh jajaran Perwira, Bintara dan Tamtama,   Mayjend TNI M.Setyo Sularso kini mengemban amanat baru sebagai Inspektur Jenderal TNI, dalam sambutannya Mayjend TNI M.Setyo Sularso yang sebelumya selama tujuh bulan memimpin Kodam IX Udayana berpesan kepada Pangdam yang baru bahwa yang penting di amati adalah perkembangan wilayah perbatasan Indonesia - Timor Leste.

"Kita punya daerah di sebelah baratnya waikusi, luasnya seribu enampuluh sembilan hektar, yang mana pada saat belanda menjajah itu perbatasan dengan portugal ada di timurnya, dan sekarang daerah ini sedang ada pembangunan irigasi dan pertanian, ini yang penting kita waspadai, jangan sampai daerah ini lepas dari Indonesia seperti kejadian sipadan dan ligitan, dimana persoalan tapal batas akan di bawa ke mahkamah international dan di tanya siapa yang membangun dijawab timor lester maka akan lepaslah daerah itu," kata mantan Pangdam ini mengingatkan.

Komando Daerah Militer IX Udayana sendiri menaungi tiga provinsi yakni Bali, NTB, dan NTT,  hal ini yang menjadi tanggung jawab besar dalam menjaga keamanan teritorial, di ingatkan kepada pejabat baru Mayjend TNI Kustanto Widiatmoko, dimana beliau ini sebelumnya menjabat Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat bahwa perkembangan konflik perbatasan menjadi hal utama.


Reporter : Wawan Nike