Bambang Mengatakan Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Ekonomi Negara Islam se-Dunia 2016

Selasa, 10 Mei 2016 17:37 Nasional

Bagikan

Bambang Mengatakan Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Ekonomi Negara Islam se-Dunia 2016
Menkeu Bambang Brodjonegoro, dalam presscon WIEF di Jakarta , Selasa (10/05) (Irawan-Semetonnews)
Jakarta, Semetonnews - Menteri Keuangan Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa Indonesia, khususnya Jakarta siap untuk menjadi tuan rumah World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-12. Sebuah forum ekonomi negara-negara Islam dunia yang sebelumnya telah diadakan di sejumlah kota di dunia seperti Kuala Lumpur, Islamabad, Kuwait, Astana, Johor Baru, London, dan Dubai. Selasa (10/2).

“Keinginan kita menyelenggarakan WIEF karena kami melihat forum ini mempunyai reputasi baik, karena bisa mendatangkan berbagai macam kalangan yang punya interest dalam ekonomi maupun bisnis yang terkait negara Islam”, kata Bambang dalam konferensi pers yang sekaligus pengumuman resmi tentang penyelenggaraan forum tersebut di Jakarta, Selasa, 10/5/2016.

Bambang juga menjelaskan, bahwa bahwa inti dari WIEF ini adalah untuk memberdayakan bisnis di masadepan. “Ide untuk memberdayakan bisnis di masadepan yang merupakan inti dari WIEF ke-12 adalah hal penting bagi Indonesia”, jelas Bambang.

Menurutnya, hal tersebut merupakan kunci utama untuk mengembangkan perekonomian yang modern, sebagaimana yang terangkum dalam Sembilan agenda NawaCita.

Disaat yang sama. Tun Musa Hitam, Chairman WIEF Foundation yang juga turut hadir dalam acara tesebut mengatakan, dengan tema WIEF tahun ini, yaitu ‘Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan’, Indonesia dinilai negara ideal, mengingat Indonesia merupakan pasar berkembang dengan fundamental ekonomi yang kuat dan memiliki sejumlah UMKM yang memiliki potensi untuk go international sekaligus membuka lebih banyak kesempatan bagi bangsa serta komunitas bisnis global.

Memiliki visi untuk lebih mengeksplorasi dan mengembangkan peran penting dari kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), WIEF 2016 akan membahas beberapa isu pokok yang antara lain, penerbitan sukuk untuk pembiayaan infrastruktur, pengintegrasian produk halal dan keuangan syariah, pengembangan industri makanan halal dan fashion islami secara global serta pengintegrasian UMKM kedalam dunia ekonomi digital.

Sebanyak 2.500 delegasi dan 60 tokoh penting dari 100 negara di seluruh dunia diharapkan hadir dalam WIEF ke-12 yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center pada 2-4 Agustus 2016 mendatang.

Reporter : Irawan
Editor    :  Wawan Nike