Rai Mantra Sambut Wacana ‎BNN Terapkan Syarat Bebas Narkoba Bagi Pelajar

Rabu, 11 Mei 2016 17:32 Sport & Life Style

Bagikan

Rai Mantra Sambut Wacana ‎BNN Terapkan Syarat Bebas Narkoba Bagi Pelajar
ilustrasi google/Semetonnews
Denpasar, Semetonnews – Perderan narkoba sudah mulai mengancam kalangan pelajar. Tidak hanya para mahasiswa, bahkan dijenjang tingkat sekolah menengah pertama sudah mulai dirasupi. 

Kekawatiran ini membuat BNN Kota Denpasar, saat audensi dengan Wali Kota, mewacanakan syarat bebas narkoba bagi pelajar yang akan melanjutkan ke jenjang tingkat SMA / SMK Atau Perguruan Tinggi.

Disampaikan Kepala BNN Kota Denpasar AKBP Wayan Gede Suwahyu kepada Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, bahwa persyaratan ini harus segera diterapkan di Kota Denpasar, agar masyarakat khususnya pelajar tidak menggunakan narkoba. 

"Bahaya narkoba tidak hanya merugikan masalah fisik saja tetapi juga mengganggu mental dan kejiwaan. Untuk itu surat keterangan bebas narkoba sangat efektif untuk menghindari orang menggunakan narkoba,’’ ujarnya, Rabu (11/5/2016) dihadapan Wali KOTA Denpasar.‎

Lebih lanjut Suwahyu mengatakan, alat tes narkoba yang dimiliki BNN Kota Denpasar sangat terbatas. Oleh karena itu bagi yang mencari surat keterangan itu di Denpasar bisa langsung datang ke Rumah Sakit Trijata, Klinik BNN Provinsi Bali dan Rumah Sakit Wangaya.

"Agar menjangkau jumlah penduduk Denpasar BNN Kota Denpasar juga akan membuat klinik khusus test narkoba. Tidak hanya itu untuk mengefektifkan waktu kami meminta sekolah bisa menyediakan alatnya. Untuk teknis akan dilakukan oleh BNN," ujarnya.

Sementara Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sangat mengapresiasi program tersebut. Menurutnya surat keterangan bebas narkoba sebagai persyaratan  melanjutkan sekolah maupun perguruan sangat efektif untuk mengantisipasi maupun mengurangi masyarakat menggunakan narkoba.

Reporter : Yohanes Rafael
Editor : Gede Sila Nanta‎