Ratusan Burung Dari Sitobondo Gagal Diselundupkan ke Bali

Rabu, 11 Mei 2016 19:53 Hukum & Kriminal

Bagikan

Ratusan Burung Dari Sitobondo Gagal Diselundupkan ke Bali
ist/Semetonnews
Jembrana, Semetonnews-Pemeriksaan kendaraan barang di Pos 3 atau pintu keluar ‎pelabuhan Gilimanuk/pintu masuk Bali berhasil mengamankan ratusan burung tanpa dukumen dari Karantina, Selasa (10/5/2016) malam.

Ratusan ekor burung berbagai ‎jenis burung dari Bondowoso itu rencananya akan dibawa ke Denpasar ditemukan diatas Truk P 9397 GQ. Awalnya sekitar pukul 21.45 wita, datang truk yang dikemudikan oleh Ahmad Rabitah (45), asal Desa Yehkuning, Jembrana.

Sat terpal penutup truk ‎dibuka, polisi menemukan tumpukan kardus yang berisi berbagai jenis burung. Saat sopir maupun pemiliknya yakni Kusnadi (58) dan Makki (51), ‎keduanya asal desa Belindungan, Bondowoso tidak bisa menunjukan domuken kesehatan hewan dari daerah asalnya.

Truk beserta ratusan ekor ‎burung dan pemiliknya kemudian diamankan ke Polsek Kawasan laut Gilimanuk untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah dihitung burung tanpa dokumen itu diantaranya 2 kardus yang berisi 30 ekor merpati, 3 kardus kecil berisi 16 ekor burung cendet, 7 ekor burung kaso-kaso, 5 ekor burung mantenan, burung hantu 3 ekor, kutilang 2 ekor, cucak ranti 3 ekor, ayam hutan 2 ekor, burung betet 3 ekor, burung strun,4 ekor, 60 ekor burung perkutut dan satu ekor tupai.

Kapolsek Kawasan laut Gilimanuk AKP AA Gede Arka, ketika dikonfirmasi Rabu (11/5/2016) membenarkan pihaknya telah mengamankan ratusan burung tersebut berikut pemiliknya. 


Reporter : Dewa Putu Darmada 
Editor : Gede Sila Nanta