Tim Pengacara PD Parkir Ingatkan Kajari Hati-hati Tangani Kasus Korupsi

Rabu, 11 Mei 2016 22:54 Hukum & Kriminal

Bagikan

Tim Pengacara PD Parkir Ingatkan Kajari Hati-hati Tangani Kasus Korupsi
Trio pengacara PD Parkir Denpasar (Gracia-semetonnews)
Denpasar, Semetonnews-Meski Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Denpasar, Imanuel Zebua mengatakan penyidikan kasus dugaan korupsi di PD Parkir Denpasar sudah mencapai 70 persen, tapi hingga saat ini Kajari belum berani menyebut angka kerugian negara yang ditimbulkan. Padahal, dalam kasus tindak pidana korupsi, kerugian negara adalah salah satu unsur yang wajib dipenuhi.

Hal ini seperti diungkap salah satu kuasa hukum PD Parkir Denpasar, Ari Budiman Soenardi, Rabu (11/5/2016)."Jangankan kerugian negara, perbuatan melawan hukumnya saja belum jelas,"kata Ari B Sonardi. Karena itu, Ari B Soenardi menyarankan agar Kajari Denpasar berhati-hati dalam menangani perkara korupsi. Dikatakanya, sebagai orang yang taat hukum wajar bila pihaknya mempertanyakan kinerja Kajari Denpasar.

"Unsur utama dalam tindak pidana korupsi adalah kerugian negera. Nah untuk kasus PD Parkir ini mana kerugian Negararanya, makanya saya bilang hati-hati dalam menangani perkara korupsi,"jelasnya. Selain itu, Ari B Soenardi juga mempertanyakan peningkatan satus dari lidik sampai penyidikan."Ini juga jadi masalah, apakah dalam meningkatkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan ini Kejari sudah memiliki dasar dan bukti yang kuat," ujar Ari B Soenardi.

Seharusnya, sebelum meningkatkan status dari lidik menjadi penyidikan, Kejari sudah mengantongi alat bukti yang cukup seperti yang tertuang dalam Undang-Undang."Lebih khusus lagi berbicara tentang pidana korupsi itu ada syarat yang harus disebutkan salah satunya, kerugian negara dan perbuatan melawan hukum, apakah kedunya ini sudah ada,"ujarnya.

Karena itu, tim kuasa hukum PD Parkir Denpasar menyangkan steatmen yang di keluarkan oleh Kajari yang cenderung ke arah pembunuhan karakter, bukan kearah penanganan kasus korupsi."Karena itu, saran kami penyidik harus lebih berhati hati karena apa, baik penyelidikan maupun penyidikanĀ adalah cermin dari penegakan hukum kita. Jadi jangan sampai kelihatan jelek,"pungkasnya.

Reporter : Maria Gracia