Amankan Padi Menguning, Petani Penebel Mulai Buat Lelakut

Kamis, 12 Mei 2016 16:49 Sport & Life Style

Bagikan

Amankan Padi Menguning, Petani Penebel Mulai Buat Lelakut
orang orangan sawah.Ayu/Semetonnews
Tabanan, Semetonnews - Lelakut atau orang-orangan sawah sudah mulai menghiasi deretan persawahan kawasan Jatiluwih, Penebel Tabanan. Itu seiring sudah mulai menguningnya padi agar menghindari serangan burung-burung.
Pekaseh Subak Jatiluwih I Nyoman Sutama, menuturkan bahwa pemasangan Lelakut sudah dilakukan sejak Rabu (11/5/2016). Maklumlah kata dia, jelang panen sudah mulai serangan sejumlah buruh sawah. 

"Pemasangan Lelakut dilakukan secara bersama-sama setiap padi mulai berbuah, total ada 70 lelakut," ungkapnya, Kamis (12/5/2016).
Dirinya menambahkan pemasangan Lelakut tersebut dilakukan serentak oleh tujuh subak yang ada di Desa Jatiluwih. "Tentunya dengan harapan dapat mengurangi serangan burung yang bisa menyebabkan hasil panen tidak maksimal," tandasnya.
Pemasangan Lelakut tersebut tak pelak mengundang perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Daerah Tujuan Wisata (DTW) Jatiluwih. Mereka nampak penasaran dengan wujud benda menyerupai manusia lengkap dengan baju dan topi petani tersebut.

Penulis : Trisna Ayu‎
Editor : Gede Sila Nanta‎