PT Kuatkan Putusan PN, Kasus Pembunuhan Engeline Diprediksi Sampai ke Tingkat MA

Senin, 16 Mei 2016 19:03 Hukum & Kriminal

Bagikan

PT Kuatkan Putusan PN, Kasus Pembunuhan Engeline Diprediksi Sampai ke Tingkat MA
Margrieth Ch Megawe (baju putih) saat sidang di PN Denpasar beberapa waktu lalu (dok-semetonnews)
Denpasar, Semetonnews-Upaya hukum banding yang dilakukan Margrieth Ch Megawe dan Agustay Handamay yang sebelumnya oleh majelis hakim PN Denpasar dinyatakan terbukti melakukan pembunuhan terhadap Engeline, tidak membuahkan hasil.

Pasalnya, majelis hakim PT Denpasar dalam amar putusanya menyatakan menguatkan putusan PN Denpasar. Humas PT Denpasar, Cokorda Rai Suamba yang dikonfirmasi terkait putusan PT ini membenarkanya. Dikatakanya, putusan dibacakan pada persidangan minggu lalu."Ketok palu dilakukan minggu lalu, dan putusnya menguatkan putusan PN Denpasar,"katanya, Senin (16/5/2016).

Sementara majelis hakim PT yang menyidangkan keduanya, disebutkan, untuk Agustay sidang dipimpin oleh Hakim Resminto sebagai ketua, Hidayatul Manan dan Agus Subekti masing-masing sebagai hakim anggota. Sedangkan sidang untuk Margrieth sidang dipimpin oleh Hakim Agus Subekti dengan anggota Surya Perdamaian dan Sunarto Utoyo.

Dengan dikuatkan putusan PN ini, maka diprediksi kasus ini akan bermuara di Mahkamah Agung (MA). Sementara Siti Sapura alias Ipung yang selama ini getol memperjuangkan kasus ini, kepada wartawan mengaku lega. "Ya, saya lega atas putusan ini. Artinya perjuangan kami tidak sia-sia. Andai kasus ini sampai di tingkat MA, harapan saya putusanya tidak berubah,"pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, majelis hakim PN Denpasar pimpinan Edward Harris Sinaga memutus kedua terdakwa dengan hukuman seumur hidup untuk Margrieth dan hukuman 10 tahun untuk Agustay. Atas putusan itu, kedua tim kuasa hukum, baik Hotma Sitompul (kuasa hukum Margrieth) dan Hotman Paris Hutapea (kuasa hukum Agustay) langsung mengajukan banding ke PT Denpasar.

Reporter : Maria Gracia