Badung LuncurkanProgram Home Care Untuk Kesehatan Lansia

Rabu, 18 Mei 2016 19:32 Kesehatan

Bagikan

Badung LuncurkanProgram Home Care Untuk Kesehatan Lansia
Para Lansia Menunjukan kebolehan dalam membawakan sebuah tarian saat Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Kabupaten Badung, Rabu (18/5). (Ist-Semetonnews)
Badung, Semetonnews -  Dalam upaya memberikan perhatian kepada para lansia khususnya dari segi kesehatan, Pemerintah Kabupaten Badung akan melakukan terobosan dengan program “home care”. 

Program ini akan memberikan pelayanan kesehatan secara langsung ke rumah dari para lansia sehingga diharapkan lansia di Badung selalu terjaga kesehatannya dan umur harapan hidup masyarakat badung menjadi meningkat. “Faktor kesehatan sangat penting bagi lansia, untuk itu kami pemkab badung akan memberikan program hom care bagi lansia,”.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kabupaten Badung, Rabu (18/5) di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung. 

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta, Ny. Kristriani Suiasa, Ketua Gatriwara Badung Ny. Putu Parwata, para Camat serta ratusan lansia Badung.

Menurut Wabup Suiasa melalui program home care ini, lansia akan diberikan pelayanan kesehatan di rumah masing-masing. Para lansia akan dikunjungi dan diatensi secara periodik kesehatannya oleh petugas dari desa maupun puskesmas. “Dijadwalkan secara periodik diberikan pemeriksaan dan pengobatan sehingga lansia terjaga kesehatannya,” imbuhnya.

Dibagian lainnya Wabup Suiasa menyampaikan, Pemkab Badung sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan HLUN ini, karena dapat sebagai media bagi para lansia di kabupaten badung untuk membangkitkan kembali semangat dalam kehidupannya. 

Melalui hari ulang tahun lansia nasional ini diharapkan para lansia dibalik usianya yang sudah lanjut mampu aktif  dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan secara tidak langsung dapat mendukung pemerintah dalam pembangunan di Badung.

“Dibalik usia yang sudah senja, bukan berarti Beliau-Beliau itu tidak mampu lagi beraktifitas dalam kesehariannya, justru hal inilah yang membangkitkan mereka untuk tetap memiliki rasa percaya diri dan mereka orang-orang yang masih kita butuhkan,” jelasnya.


Sementara itu Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Badung Ida Bagus Oka Dirga melaporkan bahwa pemerintah telah menetapkan tanggal 29 Mei sebagai hari lanjut usia nasional. 

Pelaksanaan kegiatan serangkaian HLUN ini dilaksanakan sebulan penuh yang dikenal dengan bulan lansia. Tujuan kegiatan ini untuk memotivasi dan menggerakkan kaum lansia, keluarga, organisasi sosial, masyarakat dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan lanjut usia dengan mengembangkan jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial. Tema yang diangkat pada peringatan HLUN kali ini adalah “bersama lansia dari lansia untuk lansia”. Sebelum puncak peringatan HLUN, lansia di badung yang tercatat sebanyak 31.165 orang telah terlibat dalam berbagai kegiatan seperti pemeriksaan kesehatan kepada para lansia serta pemberian makanan tambahan kepada lansia.

Pada peringatan HLUN tersebut Wabup Suiasa menyerahkan secara simbolis makanan tambahan kepada perwakilan lansia Badung. Selain itu juga dipentaskan hiburan janger lansia yang dibawakan dengan enerjik oleh janger lansia Desa Mengwitani.

Reporter : Asta
Editor      : Wawan Nike