Belajar Dengan Cara krearif Bersama Komunitas Bali Edukasi

Minggu, 06 Maret 2016 11:51 Peristiwa

Bagikan

Belajar Dengan Cara krearif Bersama Komunitas Bali Edukasi
Siswa SDN 1 Pitra nampak antusias saat diajak bermain games edukasi oleh relawan Bali Edukasi. (Ist/Semetonnews)

Tabanan, Semetonnews – Siswa-siswi di SDN 1 Pitra, Desa Pitra, Penebel, Tabanan nampak sumringah ketika kedatangan tamu dari Bali Edukasi. Bagaimana tidak, bersama 19 orang relawan dari Bali Edukasi, mereka diajak belajar Bahasa Inggris, Bahasa Bali dan memahami kesehatan dengan cara yang mengasyikkan.


Kunjungan relawan Bali Edukasi tersebut merupakan program PELANGI (Pelita Harapan Negeri ) yang menyasar sekolah-sekolah di pelosok dengan berbagai keterbatasan, seperti keterbatasan fasilitas, ataupun tenaga pengajar.


“Dan kali ini kami datang ke SDN 1 Pitra yang memang memiliki keterbatasan dalam tenaga pengajar,” ungkap Sekretaris Bali Edukasi Putu Ana Agustini kepada Semetonnews, Minggu (6/4/2016). Selain diajak belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Bali dengan media belajar yang inovatif serta kreatif, pada siswa SDN 1 Pitra mulai dari kelas I hingga kelas VI juga diberikan pemahaman mengenai kesehatan jajanan dan cara menggosok gigi yang benar.


“Kami mengajarkan Bahasa Inggris dan Bahasa Bali karena memang di SDN 1 Pitra tidak ada guru mata pelajaran Bahasa Inggris, sedangkan Bahasa Bali adalah keutamaan sebagai masyarakat Bali,” imbuhnya.


Kepada Semetonnews, Ana menuturkan kegiatan tersebut juga diisi dengan games seru yang sudah dirancang oleh para relawan Bali Edukasi dengan berbagai latar belakang, mulai dari siswa SMA, Guru, mahasiswa, PNS, dan lainnya. Dalam kegiatannya kali Bali Edukasi juga menggandeng kawan-kawan dari YSEALI (Youth South East Asian Leaders Initiative) dan Balai Mangrove.


Rama, salah satu siswa kelas IV mengaku sangat senang atas kedatangan tim Bali Edukasi, karena selain berbagi ilmu, relawan Bali Edukasi juga membagikan susu gratis serta alat tulis gratis kepada para siswa. “Senang sekali, diajarkan Bahasa Inggris, diajak main games, terus dikasi hadiah alat tulis,” ujarnya lugu.


Bali Edukasi sendiri merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari sekelompok anak muda yang memiliki tujuan sama yakni untuk menyalakan peradaban.Untuk misi selanjutnya Bali Edukasi berencana akan melakukan kegiatan yang sama di SDN 2 Bengkala dan SDN 2 Keramas.


Penulis : Trisna Ayu
Editor Robinson Gamar