Air Asia, Gunakan Sistem Self Ground Handling di Ngurah Rai

Kamis, 19 Mei 2016 21:31 Peristiwa

Bagikan

Air Asia, Gunakan Sistem Self Ground Handling di Ngurah Rai
Kepala Otband Ngurah Rai
Kuta, Semetonnews - Sepengetahuan pihak Otoritas Bandara (Otban) Wilayah IV, Air Asia adalah satu-satunya maskapai bersistem self ground handling di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Dengan kata lain, Air Asia mengurus sendiri urusan penanganan penumpang dan bagasi.

"Kalau dilihat sekarang, mungkin hanya ada Air Asia," sebut Kepala Otban Wilayah IV, Yusfandri Gona, Kamis (19/5/2016).

Namun demikian, self ground handling yang dilakukan oleh Air Asia di Bandara Ngurah Rai bukanlah tanpa dasar. Karena itu dilandasi oleh kepemilikan dua sertifikat, yakni satu sertifikat dalam rangka penerbangan, sementara satunya lagi untuk ground handling.

Namun demikian, menurut Yusfandri secara pribadi, maskapai sebaiknya khusus mengurus urusan bisnisnya, baik itu mengenai pesawat dan pengangkutan penumpang. Sementara urusan ground handling diserahkan kepada company lainnya yang memang secara khusus membidangi ground handling.

"Toh juga sekarang diberikan keleluasaan dengan pihak ketiga manapun, sepanjang pihak ketiga itu sudah tersertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Artinya dia, sudah diukur ketersediaan fasilitasnya, SDM-nya, SOP-SOP yang mereka punyai, dan lain-lainnya. Sehingga masing-masing bisa fokus," ujarnya.

Bukan sekedar beropini, Yusfandri mengaku telah menyampaikan saran tersebut secara lepas kepada pihak Air Asia. Dengan alasan, supaya permasalahan-permasalahan tidak kembali terjadi di kemudian hari.

"Namun itu juga tidak menutup kemungkinan. Kayak sekarang seperti, Lion Air Court Services itu kan menghandling Lion, kenyataannya juga bisa terjadi kan. Atau juga tidak tertutup kemungkinan, ditaruh di pihak ketiga, sepanjang tidak ada pengawasan yang bagus, ya bisa saja terulang kembali. Tapi yang paling tahu aspek bisnisnya tentu mereka. Kalau mereka serahkan ke pihak ketiga, sementara mereka low cost carrier, hitungan-hitungannya kan ada. Ini mungkin dengan ditangani sendiri untuk bisa menghemat sehingga dia bisa yakin dari sisi cost carrier-nya. Bisa saja begitu," jelasnya.


Reporter : Surya Putra
Editor      : Ray Wiranata