Saudagar Sapi ini Malah Dibekuk Karena Mencuri Sapi

Jumat, 20 Mei 2016 16:02 Hukum & Kriminal

Bagikan

Saudagar Sapi ini Malah Dibekuk Karena Mencuri Sapi
Barang bukti diamankan jajaran Polres Jembrana. (Darmada/Semetonnews)
Jembrana, Semetonnews- I Kadek JS (35), saudagar sapi asal Lingkungan Keladian, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana, dibekuk sejumlah anggota Buser Polres Jembrana, Jumat (20/5/2016). Dia ditangkap setelah diketahui mencuri sapi milik I Ketut Gunadi (48), pada Rabu (18/5/2016) sore. 

Pelaku sempat mengelabui pemilik dan petugas dengan mengganti tali leher sapi dari selang warna hijau dengan warna lain. "Kasus ini berawal dari laporan pemilik sapi I Ketut Gunadi yang mengaku sapi miliknya hilang pada Rabu (18/5/2016) sekitar pukul 16.00 Wita,” kata Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Gusti Made Sudarma Putra, Jumat (20/5/2016).

Menurut Sudarma Putra, korban mengaku kehilangan sapi betina berumur enam tahun dan diketahui sedang bunting tujuh bulan. Sapi milik korban hilang. di Jl. Pulau Jawa, Gang VI, Kelurahan Dauhwaru, Jembrana.

Sementara pemilik sapi tinggal di Banjar Satria, Lingkungan Pendem, Kelurahan Pendem, Jembrana. Dia tahu sapinya hilang saat dia pergi ke sawah sore hari dan kaget mengetahui sapinya raib.

"Sebenarnya korban sempat melakukan pencarian karena dikira sapinya lepas. Namun tidak ketemu, kemudian kejadian tersebut di laporkan ke Polres Jembrana,” ujar Sudarma Putra. 

Setelah mendapat laporan dari pemilik sapi, anggota Buser Polres Jembrana mencari di sekitar lokasi kejadian. Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya sapi dilaporkan hilang, ternyata lepas.

Saat dicari, di sepuran lokasi kejadian ditemukan sapi mirip yang hilang diikat di bawah pohon jati.  Namun sapi tersebut diakui milik pelaku. Tidak mau kehilangan kesempatan, anggota Buser Polres Jembrana langsung menginterogasi JS yang mengaku sebagai pemilik sapi.

Petugas mengusut dari mana ia mendapatkan sapi tersebut dan diakui mendapat sapi dari seseorang. Polis langsung mengejar orang yang diakui sebagai orang yang memberikan sapi itu kepada JS.

"Setelah kita introgasi orang yang dikatakan memberikan sapi kepada pelaku, ternyata orang itu mengaku tidak pernah memberikan sapi kepada pelaku. Setelah didesak akhirnya pelaku mengakui itu sapi milik korban yang dicurinya,” tutur Sudarma Putra.

Saat ini pelaku dan sapi yang dicurinya sudah diamankan di Polres Jembrana untuk proses hokum lebih lanjut. Pelaku dijerat melanggar pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun.

Reporter   : Dewa Putu Darmada
Editor        : Robinson Gamar