Percikan Api Sampah Sambar Bangunan Pura

Selasa, 24 Mei 2016 14:03 Peristiwa

Bagikan

Percikan Api Sampah Sambar Bangunan Pura
Petugas memadamkan bara api di atap pura. (Devada/Semetonnews)
Gianyar, Semetonnews- Warga Desa Guwang, Sukawati, berlarian menuju Pura Dalem setempat, Selasa (24/05/2016) siang. Dengan peralatan seadanya warga berupaya memadamkan api yang sudah melahap atas dua bangunan suci pura.

"Kami sudah berupaya memadamkan api. Namun sangat sulit, karena bara apinya sudah masuk ke bagian  dalam atap ijuk. Syukur petugas pemadam kebakaran  dengan cepat datang ke lokasi, sehingga api tidak samapi melebar  ke bangunan lainnya," kata I Made Widiana, salah seorang warga setempat. 

Musibah kebakaran ini, berawal dari pembakaran sampah yang dilakukan  I Wayan Wikawan di pekarangannya yang posisinya tak jauh dari pura. "Saya tak menyangka api dengan cepat membesar. Saya sudah berusaha memadamkan  api bersama tetangga. Namun,  beberapa percikan api beterbangan dan mengarah ke pura, " sesal  Wikawan.

Berselang beberapa menit kemudian bagian atap di dua bangunan di Pura Dalem Guwang sudah mengepulkan asap. Wikawan dan sejumlah warga lainnya pun langsung berteriak ada kebakaran.  Sambil menanti kedatangan   petugas  pemadam kebakaran, warga mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Api akhirnya dapat dihalau, setelah  dua Unit Mobil Damkar diturunkan ke lokasi.  2 buah bangunan di Pura Dalem Guwang yaitu Bale Penegteg dan Bale Pengias yang atapnya terbuat dari bahan ijuk terpaksa dibongkar untuk memastikan tidak ada lagi bara api du dalamnya.

Kapolsek Sukawati, I Wayan Waesnawa menyebutkan, musibah kebakaran itu, akibat kelelaian  warga yang membakar sampah. " Kami sudah meminta keterangan sejumlah saksi  dan  kini masih proses pemeriksaan," terangnya singkat.

Reporter : Nyoman Nanda Devada
Editor      : Robinson Gamar