Bali Belum Putuskan Ikut Kejurnas Silat

Jumat, 27 Mei 2016 00:28 Olahraga

Bagikan

Bali Belum Putuskan Ikut Kejurnas Silat
Pesilat non PON Bali belum pasti turun di kejurnas. (Sena Aji/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews Meski sudah dipastikan bakal dihelat kejuaraan nasional (kejurnas) silat, di Padepokan Pencak Silat Indonesia TMII Jakarta, 31 Juli-4 Agustus mendatang, tapi Pengprov IPSI Bali memutuskan apakah mengirimkan pesilat untuk ikut atau tidak.
 
Menurut Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov IPSI Bali Nyoman Yamadhiputra, keputusan itu harus menunggu rapat pengurus IPSI Bali. “Kami belum bisa memberikan keputusan sekarang karena belum dirapatkan. Secepatnya nanti akan ada kepastian. Apalagi informasi resmi soal kejurnas itu baru saja kami terima,” ungkapnya Kamis (26/5/2016).
 
Disebutkannya dalam even nasional itu bakal dipertandingkan khusus bagi pesilat yang bukan pesilat PON. Pasalnya pesilat yang juara diproyeksikan di dua even. Bagi pesilat juara di kategori senior bakal diturunkan di Asian Beach Games (ABG) di Danang Vietnam 24 September – 3 Oktober.
 
“Sedangkan untuk kategori remaja para juaranya disiapkan turun pada kejuaraan internasional Asia Youth Games di Jakarta pada Agustus 2017 mendatang. “Intinya selalu siap dan tidak kekurangan pesilat berkualitas untuk turun di even itu jika dikirim,” cetusnya.
 
Kejurnas itu bakal mempertandingkan untuk dewasa yakni kelas tanding putra 8 kelas mulai A-H, sedangkan untuk putri 4 kelas mulai kelas A-D. Sedangkan di nomor seni atau Tunggal, Ganda Regu (TGR) masing-masing provinsi hanya diperbolehkan masing-masing satu nomor saja untuk putra dan putri.
 
“Sedangkan untuk kategori remaja untuk tanding putra mempertandingkan 9 kelas mulai kelas A-I dan tanding putri mempertandingkan 8 kelas dari A-H. Begitu juga untuk TGR sama dengan yang dipertandingkan di kategori dewasa,” tutup Yamadhiputra. (ari)
 
 
Reporter : Sena Aji
Editor      : Maria Gracia