Pemuda BatuanTegaskan Tolak Reklamasi Harga Mati

Jumat, 27 Mei 2016 20:58 Peristiwa

Bagikan

Pemuda BatuanTegaskan Tolak Reklamasi Harga Mati
Konvoi deklarasi tolak reklamasi di Batuan (Devada-Semetonnews)
Gianyar, Semetonnews-Gerakan tolak reklamasi teluk Benoa terus bertambah. Jumat (27/5/2016) giliran krama di Banjar Peninjauan, Desa Adat Batuan, Sukawati,  mendeklarasikan tolak reklamasi.

"Jangan rusak pulau Bali. Kalau bukan kami generasi  muda Bali, siapa lagi yang menjaga  Bali ini. Kami STT Widyatmika nyatakan harga mati dan  siap terus berjuang tidak akan berhenti berjuang hingga  Presiden
mencabut Perpres No 51 Tahuan 2014, "tegas koordinator aksi, Komang Adyaksa Putra.

Aksi yang melibatkan ratusan pemuda ini, dimulai dari Lapangan Sutasoma, Sukawati dan bergerak menuju Balai Banjar Peninjaoan, Desa Adat Batuan.
"Tidak hanya  dari Sukawati,   teman-teman seperjuangan dari berbagai penjuru juga ambil bagian, " terang Komang.

Saat rombongan tiba di depan Balai Banjar Peninjoan, sebagian pemuda  langsung memasang baliho tolak reklamasi yang berukuran besar. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi tolak reklamasi Teluk Benoa.

"Deklarasi ini berdasarkan kesepakatan dalam paruman di Banjar Peninjoan. Sebenarnya  deklarasi ini sudah lama mendapat persetujuan, namun karena kesibukan, deklarasi baru kami dapat laksankan sekarang, "tambahnya.

Ratusan massa itu pun semakin bersemangat setelah mengetahui kehadiran  Wakil Dharma Adhyaksa, Ida Pandhita Mpu Siwa Budha Daksa Darmita."Pandhita Empu sangat mengapresiasi  sikap krama di Banjar Peninjoan. Perjuangan ini untuk Bali, jadi yang wajib bergerak seluruh masyarakat Bali, " wejangnya.

Dalam kesempatan ini hadir pula Ketua Forbali I Wayan Gendo Suardana, Bendesa Desa adat Batuan Made Djabur dan Kelian adat Banjar Peninjoan, Made Teja.

Reporter : Nyoman Nanda Devada
Editor      : Maria Gracia