Warga Buleleng Longmarch Suarakan Tolak Reklamasi Teluk Benoa di Lovina

Sabtu, 28 Mei 2016 20:20 Peristiwa

Bagikan

Warga Buleleng Longmarch Suarakan Tolak Reklamasi Teluk Benoa di Lovina
Aksi Long Mach dengan berjalan di sepanjang pesisir Pantai Lovina, untuk menyuarkan penolakan Rencana Reklamasi Teluk Benoa. (Setun/Semetonnews.com)
Buleleng, Semetonnews - Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Forum Buleleng Tolak Reklamasi Teluk Benoa, melaksanakan aksi longmarch dengan mengelilingi wilayah Lovina, Singaraja, sambil membentangkan spanduk cabut Perpres No. 51 Tahun 2014 dan bendera penolakan terhadap Rencana Reklamasi Teluk Benoa. Sejumlah Waria pun tampak, ikut melakukan aksi ini.

Aksi longmarch ini, awalnya mengambil titik kumpul di areal parkir Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk, Buleleng, pada Sabtu (28/5/2016) pukul 14.00 wita. Dengan diiringi sejumlah penari, puluhan orang berpakaian adat madya inipun mulai bergerak ke arah barat menuju Pantai Desa Kaliasem, Buleleng, dengan menyisir pesisir pantai.

Pekikan Tolak Reklamasi terus bergema sepanjang perjalanan tersebut, diselingi dengan nyanyian khas Tolak Reklamasi. "Ini merupakan aksi damai, kami ingin menunjukan sikap penolakan terhadap rencana reklamasi teluk benoa. Pemerintah harus menyikapi suara rakyat," ujar salah seorang yang mengikuti aksi tersebut.

Koordinator Forum Buleleng Tolak Reklamasi Teluk Benoa, Juli Wirahmini mengatakan, kegiatan ini merupakan aspirasi masyakarat Buleleng yang menolak rencana reklamasi Teluk Benoa. Menurutnya, meskipun Buleleng jauh dari wilayah rencana Reklamasi, setidaknya ini merupakan suara masyarakat Bali, yang menolak rencana reklamasi teluk benoa.

"Harapannya, dengan aksi kami bisa menularkan spirit kepada yang lainnya untuk ikut menyuarakan penolakannya juga. Sehingga, pemerintah bisa membatalkan rencana reklamasi teluk benoa yang jelas-jelas berimbas pada kerusakan alam di Bali, terlebih lagi itu adalah tempat suci," tegas Juli.

Dalam aksi tersebut, tampak hadir juga Koordinator ForBali, Wayan 'Gendo' Suardana dan sejumlah tokoh para Penolak Reklamasi. Aksi penolakan Reklamasi di Lovina ini mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan TNI, hingga acara selesai.


Reporter : Kadek Ari Setun
Editor      : Robinson Gamar