Menkopolhukam Membantah Kapal Perang KRI PATI UNUS 384 Ditembak Kapal China

Rabu, 01 Juni 2016 15:23 Nasional

Bagikan

Menkopolhukam Membantah Kapal Perang KRI PATI UNUS 384 Ditembak Kapal China
KRI PATI UNUS 384 , (Iwan-Semetonnews)

Jakarta, Semetonnews- Hari Jum’at ( 13/5 ), KRI PATI UNUS 384 mengalami kebocoran di bouy 2 alur Pelabuhan Belawan, Sumetera Utara. Menurut kontak radio dari  KRI PATI UNUS 384 ke Lantamal 1 Belawan  menginformasikan jika kapal perang tersebut mengalami kebocoran setelah menabrak benda asing di bawah permukaan air.

Menanggapi info tersebut, Lantamal  1  Belawan mengambil tindakan evakuasi dan perbaikan kapal. KRI PTS 384 yang berada di antara bouy 2 dan bouy 4 di kandaskan pada kedalaman 2 meter yang dibantu oleh KRI SIWAR, KAL  BOA, Tug Boat Deli ,  KAL Telaga Tujoh dan Sat Polair Menanggapi kejadian tersebut, Kadispenal Laksamana Pertama Edi Sucipto menegaskan bahwa seluruh ABK KRI PATI UNUS 384 dalam keadaan selamat dan  saat ini kapal dalam perbaikan yang dilakukan oleh Dinas Penyelaman Bawah Air ( Dislambair ) dari  Lantamal 1, Belawan.

“ KRI PATI UNUS 384 mengalami kebocoran di alur perairan Belawan  akibat lambung kiri kapal terkena  benda dibawah permukaan air, namun saat ini Dislambair  Lantamal 1 Belawan tengah melakukan perbaikan meskipun mengalami kendala cuaca kurang mendukung disertai gelombang tinggi“ ujarnya saat di hubungi Semetownnews.com 

Saat ini pihak Angkatan Laut masih menyelidiki penyebab pasti bocornya lambung KRI PATI UNUS tersebut, tetapi diduga disebabkan oleh wreck ( bangkai kapal kayu ) yang hanyut.

Kadispenal Laksamana Pertama Edi Sucipto menyesalkan adanya berita yang menyebutkan KRI PATI UNUS 384 mengalami kecelakaan laut sehingga menyebabkan kapal tersebut tenggelam.“ Berita yang menyebutkan KRI PATI UNUS 384 tenggelam adalah tidak benar....,kapal tersebut hanya mengalami kebocoran pada lambung bagian kiri“ tukas jendral bintang satu itu.   

Sementara statemen dari Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, menepis isu yang beredar tentang adanya informasi bahwa kapal perang ini ditembak oleh torpedo kapal Tiongkok, " "kri itu mau berlabuh di medan nabrak kapal yang tenggelam robek, ini kapal tua yang di bei dari jerman timur tahun 1996, tidak ada di torpedo kapal china ",jelas Luhut saat menghadiri Rakor LPSK di Bali, Rabu (1/6) Pagi.


Reporter:  Iwan 

Editor.    : Wawan Nike