Menkopolhukam : Tidak ada Kebangkitan Komunis di Indonesia

Rabu, 01 Juni 2016 17:13 Politik

Bagikan

Menkopolhukam : Tidak ada Kebangkitan Komunis di Indonesia
Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, Rakor LPSK di Kuta Rabu (1/6) (wan-Semetonnews)
Kuta, Semeton- Pelarangan beberapa pemutaran film Dokumenter yang dianggap berbau komunis di beberapa daerah mendapat tanggapan dari Menkopolhukam Luhun B Panjaita di sela kunjungannya di Bali. Rabu (1/6). 

Pelarangan ini marak menjadi perbincangan di medsos, diskusi tentang konflik 1965 , pemutaran film Pulau Buru Tanah Air Beta, hingga kini masih menjadi perdebatan, pandangan "tabu" tentang 1965 untuk menyoal kenapa itu terjadi, bahkan menceritakan tentang sejarah riil atas konflik 1965 dilarang, meskipun telah banyak buku beredar versi lain yang menceritakan atas situasi ini. 

Menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan kepada wartawan, ia  menyatakan bahwa tidak ada diskusi atau kegiatan ilmiah yang dilarang tentang ideologi kiri, " kalau konteks akademis kan tidak ada masalah, kalau konteksnya menyebarkan ideologi dan membuat organisasi itu dilarang, sudah ada TR Kapolri, tentang terjemahan UU 27 itu tadi,"jelas Luhut.  

Namun saat ditanya apakah ini tidak bertentangan dengan kebebasan berpendapat dan berkumpul yang telah di jamin Undang Undang tentang pembubaran paksa beberapa diskusi dan pemutaran film ini, Luhut menjawab, "kita lihat nanti ada yang sedikit sedikit kebablasan, tapi intinya kalau kepentingan kepentingan dalam konteks akademis tidak boleh dilakukan tindakan tindakan yang represiv, "jelas Luhut.

Luhut kembali menegaskan bahwa ideologi kita adalah Pancasila, jjika ada pihak yang menyatakan kebangkitan Komunis itu tidak ada.
 
" Pancasila harus semua mengakui ideologi kita pancasila , tidak boleh ada organisasi tidak mencantumkan ideloginya selain Pancasila kalau sesuai uu 27 th 99 bisa di proses untuk bisa tidak di akui, saya minta menkumham , dan mendagri untuk melihat kita harus tegas untuk aturan itu , kita hanya melakukan undang undang yang ada, sebenarnya ga ada tentang kebangkitan ideologi komunis, kan sudah ada tap mpr no 25 th 66 disitu jelas jelas, "terang Luhut.

Reporter : Wawan Nike