Malam Ini Sudah Masuk 1 Ramadhan 1437 H

Minggu, 05 Juni 2016 23:40 Nasional

Bagikan

Malam Ini Sudah Masuk  1 Ramadhan 1437 H
(ils-Semetonnews)
Jakarta,Semetonnews- Keputusan jatuhnya 1 Ramadhan telah ditentukan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia malam ini. Kemenag telah menentukan awal bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 6 Juni 2016.

Keputusan ini diambil setelah Kemenag melakukan sidang Isbat yang digelar hari Minggu (5/6) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Dalam sidang tersebut, dihadiri oleh tokoh Ulama, Pemimpin Ormas Islam, dan ahli ilmu Falak. “Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan.

Secara mufakat disepakati tahun 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016,” ujar Menag Lukman di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sama seperti sebelumnya , proses sidang Isbat menunggu laporan dari petugas pemantau hilal yang ada di beberapa tempat di Indonesia, untuk melihat bulan baru atau tidak.

Apabila bulan baru sudah tampak, maka 1 Ramadan akan jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016. Dengan demikian, awal puasa pemerintah akan sama dengan Muhammadiyah. 

Reporter: Iwan Bagus 
Editor     : Wawan Nike