BPOM, Takjil Di Pasar Batan Kendal Layak Dikonsumsi

Rabu, 08 Juni 2016 17:26 Peristiwa

Bagikan

BPOM, Takjil Di Pasar Batan Kendal Layak Dikonsumsi
Endang Widowati didampingi staf BPOM Bali saat mengelar Sidak di Padar Batan Kendal, Denpasar, (Rafael/Semetonnews)

Denpasar, Semetonnews- Balai Besar POM Denpasar mengelar inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Batan Kendal, Jalan Mertasari 64B Banjar Suwung Batan Kendal Desa Pakraman Sesetan, Depasar, Rabu (8/6/2016). Hal ini dilakukan, guna mengawasi makanan yang mengandung bahan berbahaya yang beredar selama bulan puasa.


Pada sidak yang dimulai sekitar pukul 15.30 wita hingga 16.30 wita ini, langsung dilakukan pengujian laboratorium terhadap sejumlah makanan seperti tahu dan tempe goreng, ikan teri dan ikan tongkol, dadar gulung, es teller dan es cendol, serta kerupuk dan siomai.

"Kami melakukan pengujian Lab terhadap 14 sempel makanan yang diambil dari beberapa pedangan," Kata Kepala BPOM Bali, Endang Widowati, Rabu (8/6/2016) setelah melakukan Sidak.

Dari hasil pengujian Lab terhadap 14 sempel makanan tersebut, BPOM tidak menemukan zat-zat yang berbahaya. "Semua sempel yang kita ambil hasilnya negatif, artinya makanan-makanan yang dijual ini sudah aman dikomsumsi," Ungkapnya.

Endang menjelaskan, Sidak ini dilakukan karena perputaran makanan pada saat bulan puasa maupun hari raya besar keagaman lainnya sangat pesat. "Selama 3 tahun terakhir, kami secara intesif mengelar Sidak seperti ini, khususnya pada saat hari raya besar keagamaan," katanya

Ia menghimbau kepada masayarakat agar terus menjaga kualitas dan mutu makanan yang dikonsumsi. Hal ini perlu dilakukan, sebab makanan mengandung zat berbahaya dapat menyebabkan kanker jika dikonsumsi secara terus menerus.

" Saat ini, kesadaran mayarakat Bali terhadap kualitas dan mutu makanan terus meningkat. Terbukti, dari beberapa kali Sidak yang kami lakukan tidak ditemukan makanan yang mengandung zat berbahaya,"Katanya.

Penulis: Yohanes Rafael

Editor  : Robinson Gamar