"Punapi Gatra,"? Jokowi Sapa Warga Dalam Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke 38

Sabtu, 11 Juni 2016 21:00 Peristiwa

Bagikan

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Pawai PKB , Sabtu (11/06) (wan-Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu negara Iriana widodo, membuka pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke 38 di lapangan Bajra Sandhi Renon. Menggunakan busana Khas Bali, Jokowi disambut oleh Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan menteri Pendidikan dan kebudayaan Anis Baswedan. Kehadiran Jokowi, ditunggu tunggu oleh seluruh masyarakat yang menyaksikan pembukaan PKB tersebut. 

Dalam sambutannya, Jokowi mengawalinya dengan menyapa seluruh warga dengan menggunakan bahasa Bali. ‘’Punapi Gatra? Becik,’’? Seluruh warga pun langsung menjawab, ‘’Becik, pak,’’ sambil disambut gemuruh tepuk tangan warga yang menyaksikan pawai saat itu.

Jokowi mengatakan merupakan kegembiraan tersendiri bisa berkunjung dan membuka PKB yang merupakan acara yang sangat ditunggu tunggu oleh semua warga, dan pastinya wisatawan mancanegara. Kegiatan ini, perlu terus dilakukan sebagai pelestarian budaya, dan juga menggerakkan perekonomian masyarakat.


Para Penari Pesta Kesenian Bali ke 38, Sabtu (11/6) (tika-Semetonews)
Baginya, PKB tidak hanya semata mata sebagai pesta kesenian rakyat, tetapi merupakan kegiatan yang memiliki fungsi budaya.  Jokowi, kemudian melakukan prosesi pembukaan PKB dengan memukul Kul Kul sebagai tanda PKB resmi di mulai

Sementara itu, Mangku Pastika mengatakan PKB merupakan agenda rutin di Bali yang diselenggarakan selama satu bulan penuh. Untuk tahun 2016, dimulai 11 juni hingga 9 Juli mendatang. ‘’ini merupakan puncak apresiasi budayawan dan seniman di Bali, untuk melestarikan budaya, bekerja keras dam kerja untuk pelestarian leluhur,’’ katanya.

Seluruh peserta kali ini, diikuti oleh seluruh wilayah kabupaten/kota bali.  Ada juga peserta undangan yakni dari luar daerah duta kesenian dsari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dan duta kesenian dari India dan Prancis.


Reporter : Aldila Avrikartika
Editor      : Wawan Nike