Kintamani Bakal Dirubah Jadi Nama Cintamani ‎?

Senin, 07 Maret 2016 17:09 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Kintamani Bakal Dirubah Jadi Nama Cintamani ‎?
alam guneng batur di KIntamani Bangli (google/Semetonnews)
Bangli, Semetonnews – Ada yang bakal mengejutkan dunia pariwisata nantinya untuk objek wisata gunung Batur Kintamani Bangli. Setidaknya perlu diketahui kalau dalam waktu dekat ini nama Kintamani akan dirubah menjadi Cintamani.‎


‎Kabarnya, naman Kecamatan Kintamani akan dikembalikan sesuai sejarah yang tertuang dalam prasasti maupun purana yakni Cintamani. Perubahan nama ini kini tengah digodok Pemkab Bangli.  

‎Bupati Bangli Made Gianyar saat dikonfirmasi, Senin (7/3), membenarkan pihaknya kini tengah menggodok dasar hukum perubahan nama Kecamatan Kintamani menjadi Kecamatan Cintamani. Malahan perubahan nama Kecamatan Kintamani ini merupakan program prioritas, 100 hari masa kerjanya. 

“Perubahan nama ini merupakan prioritas yang akan kami realisasi di masa 100 hari kerja kami,”ujar Gianyar.‎
Kata dia, perubahan nama ini bukan merupakan idenya, melainkan desakan dari arus bawah. Karena nama Kintamani selama ini sangat identik dengan berbagai masalah. Makanya, untuk menghilangkan pengaruh negative dari nama itu, Kintamani disulan berubah nama menjadi Cintamani. 

Nama itu, kata dia erat kaitannya dengan sejarah beridirinya KIntamani tempo dulu. “Namun sebelum itu, kami akan mengundang tokoh Kintamani yang paham sejarah dan babad untuk mematang program perubahan nama ini,” Imbuh Gianyar.‎

Kata dia, sejarah Kintamani memang bernama Cintamani, diamana Cintamani memiliki makna tempat mencari kedamaian, kedamaian maupun cinta. Karena itu, diharapkan perubahan nama ini bisa memberikan kebahagiaan dan kedamaian kepada warga dilereng kaki gunung Batur bangli. 

Penulis : Rangga ‎

Editor : Paksi Jalantaka ‎