Giri Prasta Beri jaminan Kepada Petani Asparagus

Selasa, 21 Juni 2016 14:10 Politik

Bagikan

Giri Prasta Beri jaminan Kepada Petani Asparagus
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat dialog dengan petani asparagus di Desa Plaga, Kecamatan Petang, Badung, Selasa (21/6/2016). (Robi/Semetonnews)
Badung, Semetonnews- Bupati badung I Nyoman Giri Prasta mengapresiasi prestasi petani apsaragus di Desa Plaga, Kecamatan petang, Badung. Dengan menggunakan sistem One Village One Product (OVOP) telah berhasil mendongkrak perekonomian petani. 

Untuk terus mendukung keberlangsungan petani asparagus, pemerintah kabupaten Badung sedang merancang perda yang mewajibkan pihak Hotel di Badung untuk membeli asparagus dari petani. "Wajib dibuatkan perda agar beli hasil pertanian di Badung sehingga petani tidak perlu pikirkan ke mana harus menjual hasil," kata Giri Prasta saat menghadiri Festival Asparagus di Desa Plaga, kecamatan Petang, Selasa (21/6/2016).

Selain Perda pemkab juga memberi jaminan perlindungan dari hulu sampai hilir. Di hulu dengan memberi subsidi pupuk dan dan bibit. Sedangkan di hulu dengan memmberikan jamina pembeli dan harga. Bahkan untuk jangka panjang disiapkan program berbasis Informasi tehnologi yang meliputi terintegrasinya sistem conecting, controlling dan monitoring. 

"Pemerintah memberikan jaminan agar hasil pertanian dibeli dengan harga pasar. Jika harga jatuh maka pemerintah akan mensubsidi sehingga harga tetap stabil," kata Giri Prasta.

Reporter  : Robinson Gamar