KPK Tetapkan I Putu Sudiartana Sebagai Tersangka

Rabu, 29 Juni 2016 21:48 Hukum & Kriminal

Bagikan

KPK Tetapkan I Putu Sudiartana Sebagai Tersangka
I Putu Sudiartana, Tersangka OTT KPK (dok- SN)

Jakarta, Semetonnews.com – Dalam Operasi Tangkap Tangan ( OTT ), KPK mengamnkan 6 orang yang terlibat dalam kasus suap terkait dana proyek pembangunan 12 ruas jalan di Sumatera Barat.

Dari keenam orang tersebut salah satunya ialah anggota Komisi III DPR RI, I Putu Sudiartana yang merupakan Wakil Bendahara Partai Demokrat. Sedangkan lima orang lainnya yakni, Yoga Askan (pihak swasta), Noviayanti ( sekretaris Putu ), Suprapto ( Kadis Prasarana dan Permukiman Provinsi Sumatera Barat ), Muchlis ( Suami Noviyanti ), dan Suhaemi ( orang kepercayaan Suprapto ) dengan barang bukti berupa uang tunai $ 40.000 Singapura dan Rp 100 juta.

“ KPK telah mengamankan enam orang dalam operasi tangkap tangan,“ ujar Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan saat jumpa pers di gedung KPK, Rabu (29/6).

Saat ini KPK telah menetapkan lima orang tersangka kecuali Muchlis yang di lepas KPK. Hal ini dikarenakan Muchlis tidak terkait langsung dalam kasus ini. Akan tetapi, Muchils akan dipanggil KPK jika sewaktu-waktu dibutuhkan keterangannya.

“ Namun, sewaktu-waktu dibutuhkan keterangannya, akan kami panggil,“ ungkap Basaria.

Wakil Ketua KPK, Laode Syarif menegaskan, bahwa proyek pembangunan jalan di Sumetera Barat tersebut bernilai total Rp 300 Miliar yang berasal dari dana APBN-P tahun 2016.

Untuk itu, KPK akan terus mendalami peranan Putu dalam kasus ini. Ini dikarenakan Putu tidak memiliki kewenangan dalam proyek pembangunan jalan di Sumatera Barat dan bukan dari komisi yang membawahi hal tersebut.

“ Oleh karena itu , ini masih didalami, kenapa kepala dinas dan beberapa perusahaan menyerahkan uang itu ke anggota dewan itu,“ tukas Laode.

Reporter: Iwan Bagus 
Editor: Wawan Nike