Mudik Jadi Berkah bagi Warga Gilimanuk

Senin, 04 Juli 2016 14:12 Peristiwa

Bagikan

Mudik Jadi Berkah bagi Warga Gilimanuk
Warga sekitar pelabuhan Gilimanuk kebagian rejeki saat arus mudik.
Jembrana, Semetonnews-Setiap tahunnya arus mudik dan arus balik Lebaran memang selalu ditungu-tunggu oleh warga Gilimanuk, Jembrana. Mengingat momen satu tahunan ini mereka manfaatkan untuk mengais rejeki dengan berbagai kegiatan, seperti berjualan, jasa ojek, pemulung, jasa WC umum termasuk jasa pijet.

Seperti dalam pelaksanaan arus mudik tahun ini, sebulan sebelum lebaran warga Gilimanuk sudah mulai mengkapling-kapling lahan kosong di sepanjang jalur mudik di wilayah Gilimanuk dari mulai depan jembatan timbang hingga mendekati pelabuhan untuk dibagun lapak berjualan sederhana.

Bukan hanya itu, gang-gang kecil yang dijadikan  jalur arternatif mengurangi kemacetan juga dipenuhi lapak warga untuk berjualan. Mereka sebagian besar berjualan makanan dan minuman termasuk kopi. Bahkan ada pula yang berjualan bensin eceran.

"Sebenarnya pekerjaan saya bukan pedagang. Sehari-hari saya sebagai buruh serabutan. Tapi jika ada arus mudik lebaran saya selalu berjualan,” ujar Kartini,  seorang warga Gilimanuk, Senin (4/7/2016).

Dia mengaku sudah sekitar 7 kali lebaran berjualan dengan memanfaatkan kemacetan arus mudik yang pasti terjadi setiap tahunnya. "Kalau modal jualan saya pinjam dulu di toko. Nanti kalau sudah laku terjual baru kami setor,” imbuhnya yang mengaku bisa mengantongi keuntungan bersih per harinya antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu.

Reporter : Dewa Putu Darmada
Editor       : VR Nugraha