Kantin Kejujuran di Kejari Denpasar "Bangkrut"

Selasa, 05 Juli 2016 13:15 Peristiwa

Bagikan

Kantin Kejujuran di Kejari Denpasar
Bangkrut : Kantin kejujuran yang hanya tinggal sebuah kulkas kosong dan etalase yang difungsikan sebagai tempat penyimpanan helm (Gracia/SN)
Denpasar,Semetonnews-Kantin Kejujuran di Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar yang ada di era Fredy Runtu itu, kini hanya tinggal kenangan. Sebab, kantin yang berada di ruangan belakang tempatnya sebelum ruangan tahan itu, kini tidak terurus alias mati suri. 

Padahal, dengan adanya kantin kejujuran ini, secara tidak langsung bisa dijadikan tolak ukur kejujuran dari para jaksa. Seperti diketahui, di kantin kejujuran, tidak ada satu staf atau pegawai yang menunggu.

Sejumlah jajanan dan minuman yang dipajang, sudah tertara harga yang harus dibayar. Pembeli hanya tinggal memilih makanan yang akan dibeli dan membayar sesuai dengan harga yang sudah terpajang. 

Pun dengan uang pengembalian, pembeli juga bisa mengambil sendiri ditempat uang yang sudah disediakan."Kantin ini kelihatan sepele, tapi bagus untuk mendidik kejujuran seseorang,"kata salah satu wartawan yang setiap hari ngetem di Kejaksaan. 

Namun sayang, saat ini kantin kejujuran hanya tinggal kenangan. Etalase dan sebuah kulkas yang masih terpajang kosong melompong. "Kantin kejujuran sudah bangkrut,"celetuk salah satu pengunjung. Saat dikonfirmasi terkait siapa sejatinya yang mengelola kantin kejujuran ke salah satu jaksa yang kebetulan ruangnya dekat dengan kantin kejujuran, dia menjawab tidak tahu. 

Seperti diketahui, di era Fredy Runtu dan Jaya Kesuma sebagai Kajari Denpasar, kantin kejujuran selalu ramai pembeli. Jajanan dan minuman yang dijual pun selalu tersedia. Namun, saat ini kantin kejujuran sudah tidak terurus lagi.

Reporter : Maria Gracia