Kaki Lima Mudik Pasar Senggol Lengang

Jumat, 08 Juli 2016 17:27 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Kaki Lima Mudik Pasar Senggol Lengang
Suasana Pasar Senggol Gianyar , Jumat (8/7) (dev-SN)

Gianyar, Semetonnews- Bila ditempat lain, selalau dikejar petugas Pol PP, pedagang kaki Lima di Gianyar justru dirindukan. Terlebih selama perayaan Idul Futri ini, pasar senggol di Gianyar pun menjadi lengang, situasi tutupnya para pedagang kaki lima lantaran mudik  lebaran. Yang hanya tersisa pedagang lokal Bali dan beberapa pedagang asal luar Bali yang berdomisili di Gianyar.

Abdul Muhri Mulyono, satu-satunya pedagang Bakso yang tetap buka di hari raya Idul Fitri ini mengaku, dirinya tidak pulang kampung karena sudah menetap di Gianyar. Meski buka sendiri, Mulyono mengaku tidak serta merta meraup keuntungan. Justru sebaliknya, malah penjualannya menurun, karena kunjungan sepi. 

“Meski jualan bakso sendiri, orang pengunjungnya sedikit pak gimana laris. Walaupun sedikit pesaing, pedagang  yang  masih berjualan  tidak serta merta  laris. Sebab suasana pasar  yang lengang ini juga mempengaruhi minat pengunjung untuk belanja,” keluhnya.

Sepinya pengunjung pasar Senggol Gianyar pun dirasakan Putu Suantara asal Tegallalang, ia mengaku hanya sebentar di Pasar Senggol. Rencananya, ia dan keluarga  hendak menikmati liburan di malam hari bersama keluarga untuk makan malam sambil berbelanja. Namun, karena situasi sepi dirinya langsung pindah tujuan. 

“Pedagangnya sedikit, anak-anak jadi nggak suka. Kami pindah  ke supermarket,” terangnya. Suasana pasar senggol ini dipastikan akan tetap lengggang hingga hari minggu mendatang. Diperkirakan suasana pasar akan normal kembali mulai hari Senin setelah lebaran.

Reporter : Nyoman Nanda Devada