Saat Nyepi, Hotel Tetap Ikuti Aturan

Selasa, 08 Maret 2016 17:00 Wisata

Bagikan

Saat Nyepi, Hotel Tetap Ikuti Aturan
Hotel Golden Tulip Denpasar jelang Nyepi. (Paksi/semetonnews)

Denpasar, Semetonnews – Jelang malam tahun baru caka, sehari sebelum Bali Sepi atau Nyepi. Seluruh hotel di wilayah kota Denpansar mulai fullboking. Kendati tidak menyediakan paket nyepi, namun hampir setiap hotel di Bali dijejali oleh wisatawan yang khusus datang ke Bali untuk merasakan bali yang sepi pada Rabu besok (9/3).

Sebagian turis yang menginap di hotel, selain untuk melihat Nyepi di Bali, ada juga mereka yang non Hindu memang sengaja untuk menginap lantaran di rumah sudah pasti gelap gulita. Kendati demikian, tetap saja tamu yang menginap ahanya diijinkan beratikfitas di dalam hotel saja.

Suasana nampak kesibukan disejumlah hotel sehari sebelum Nyepi. Bahkan karyawan hotel sudah sejak pagi tadi sibuk mempersiapkan kamar yang terlihat sinar lampunya keluar. Seperti di Hotel Golden Tulip di Gatsu Timur Denpasar. Sejumlah kaca kamar hotel mulai ditutupi karbon dan pelastik warna hitam.

“Kita pastikan dulu pak kamar mana saja yang boking. Hanya kamar itu saja yang kita amankan dari sinar lampu agar tidak keluar, untuk kamar yang kosong sudah tentu gelap tanpa lampu,” ungkap salah seorang karyawan di hotel ini, Selasa (8/3) di Denpasar, bali.

Putu Bayu Suteja, General Manager di hotel ini meyakinkan bahwa tidak ada kegaiatan khusus pada hari nyepi di hotel untuk tamu yang menginap. Hanya saja untuk Golden Tulip yang kapasitas kamarnya berisi lebih dari 90 kamar ini, tetap memberikan harga paket menginap untuk hari Nyepi.

“Kita ada harga paket khusus harga sepecial untuk Nyepi, karena sudah pasti menginap selama tiga hari,” ujarnya.

Soal penyampaian kepada wisatawan yang menginap mengingat akan ada satu hari tidak boleh berpergian. Menurutnya hal itu sudah disampaikan sudah jauh hari sebelumnya. Justru sejumlah tamu yang menginap lantaran ingin mengetahui momen Nyepi dan Gerhana matahari di Bali.

Penulis : Paksi Jalantaka