Matikan Ronaldo, Tak Cukup Bungkam Portugal

Senin, 11 Juli 2016 10:37 Olahraga

Bagikan

Matikan Ronaldo, Tak Cukup Bungkam Portugal
Selebrasi pemain Portugal setelah melibas Prancis 1-0 dalam final Piala Eropa.
Jakarta, Semetonnews-Perhelatan kompetisi Euro Cup 2016 yang digelar di Prancis telah usai. Senin (11/7/2016) dini hari tadi partai final yang mempertemukan tuan rumah Prancis berhadapan dengan Portugal di Stadion Stade de France, Prancis.

Dukungan penuh suporter dan hitung-hitungan angka tampil lebih meyakinkan di bandingkan Portugal membuat semangat pemain Prancis membara sejak babak awal. Apalagi untuk urusan mesin tempur di lini depan, Prancis memiliki Antoine Grizmann-kondisi fit dengan koleksi enam gol. Sedangkan Portugal hanya mengandalkan Cristiano Ronaldo yang kerap cidera dan menjadi target lawan. 

Buktinya saat Ronaldo berebut bola dengan pemain Prancis, Dimitri Payet di menit ke 8. Imbasnya, pada menit ke 25 Ronaldo ditarik keluar dan digantikan oleh Ricardo Quaresma karena cidera lutut kiri yang dialaminya.
Prancis yang sadar bahwa Portugal telah kehilangan sosok penting dalam tim, langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang Portugal. Meski lawan tanpa pemain andalan, gol bagi Prancis tak juga tercipta. Bahkan di babak kedua sekalipun.

Pertandingan pun dilanjutkan melalui babak perpanjangan waktu 15x2 menit. Dibabak ini, arsitek timnas Portugal, Fernando Santos menarik keluar Renato Sanches dan memasukan Eder sebagai striker. Perancis langsung menyerang, akan tetapi Dewi Fortuna tidak berpihak pada tim tuan rumah. Malapetaka datang dimenit 109 saat sepakan jarak jauh pemain pengganti, Eder meluncur deras kedalam gawang Perancis yang dijaga Hugo LLoris.

Hasilnya pun seperti bisa ditebak. Dengan keunggulan 1-0 diakhir-akhir pertandingan, Portugal bermain bertahan hingga peluit panjang ditiupkan oleh wasit asal Inggris, Mark Clattenburg. Dengan hasil ini Portugal berhasil menjuarai Euro Cup 2016 tanpa kehadiran seorang Ronaldo di dalam lapangan yang ditarik keluar pada menit ke 25 akibat cedera dengan mengandaskan Prancis dikandangnya sendiri. 

Reporter: Tubagus
Editor      :VR Nugraha