Gerhana Matahari Total di Tengah Suasana Nyepi ‎di Bali 

Rabu, 09 Maret 2016 07:35 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Gerhana Matahari Total di Tengah Suasana Nyepi ‎di Bali 
suasana nyepi di jalan gatsu timur Denpasar. (paksi/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews‎ - Banyak wisatawan lokal memilih menginap di hotel untuk bisa melihat moment Gerhana Matahari Total. Sayangnya apa yang dimatikan tak kunjung ada, merekapun memilih untuk menyaksikan kesunyian jalan di hari Nyepi ini.‎

"Saya kira bakal terlihat juga di Bali. Saya sama anak saya sudah dari jam 6 pagi duduk di halaman hotel. Memang jam berapa ya mas di Bali, apa terlihat di Bali gerhana matahari total nya," tanya Pak Rahman, warga asal Malang yang menetap di Bali dan memilih menginap di hotel, Rabu ( 9 / 3) di Denpasar Bali.
Apa yang dirasakannya juga dirasakan sejumlah tamu yang menginap di hotel Golden Tulip Denpasar di jalan Gatot Subroto Timur,ini. Lantaran tak dapat momen GMT, Merekapun mengabadikan jalan raya yang begitu sunyi di depan hotel. Maklum hari ini hari Nyepi dimana Bali sepi tanpa aktifitas.
Informasi yang diterima ditempat lain di sejumlah kabupaten yang ada di Bali, umat muslim yang ingin menjalankan Sunah shalat gerhana nyaris tak dilakukan di sejumlah masjid. Hal itu menyusul himbauan dari MUI Bali agar lebih menghormati umat Hindu yang sedang menjalankan hari Nyepi. Terlebih shalat Gerhana bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan dan bisa dilakukan di rumah.
Seperti halnya di wilayah Monang Maning Denpasar dan Gianyar, Desa setempat mengijinkan umat muslim menjalankan shalat gerhana dengan tetap sesuai pada aturan. Namun kabarnya warag di wilayah tersebut justru memilih untuk melakukannya di rumah masing masing.

Penulis : Paksi Jalantaka ‎