Petisi Surfer; Hentikan "Tembok Laut" Kempinski & Ritz Carlton di Sawangan

Jumat, 15 Juli 2016 08:07 Peristiwa

Bagikan

Petisi Surfer; Hentikan
Pemecah ombak yang di bangun di Pantai Nikko Sawangan (Ist/SN)
Badung, Semetonnews-Para surfer gerah dengan pembangunan pemecah ombak Kempinski dan Ritz Carlton di Pantai Nikko, Sawangan, Badung. Sebab, pembangunan "tembok laut" yang diduga untuk kepentingan private beach hotel tersebut akan merusak ombak alami di Sawangan yang sudah dikenal surfer dunia. Padahal, ombak di sana menjadi salah satu magnet utama Bali sebagai destinasi wisata dunia.

"Tembok laut" yang di bangun di atas karang sepanjang 300 meter dan lebar lima meter sudah terlihat dampaknya bagi ekosistem alami di pesisir pantai tersebut. Celakanya, kini semakin banyak "tembok laut" yang di bangun di beberapa titik pantai Badung Selatan untuk membuat private beach bagi para tamu.

Untuk itu para surfer membuat petisi yang diterima Semetonnews, Jumat (15/7/2016) sebagai bentuk penolakan pembangunan "tembok laut" di beberapa pantai. Pun meminta pembongkaran "tembok laut" yang sudah terbangun. Tak hanya itu pihak hotel juga harus merehabilitasi ekosistem yang rusak.

Peselancar dan pecinta laut saatnya berbicara. Penghancuran ombak warisan dunia ini tidak hanya akan menghancurkan tujuan wisata yang unik. "Namun berdampak terhadap pesisir Bali yang rapuh, dan juga hancurnya mata pencaharian masyarakat lokal yang tergantung dari pantai," ungkap Curtis Lowe dari Project Clean Uluwatu sembari merujuk laman http://www.ProjectCleanUluwatu.com dan http://www.gus-bali.org untuk penandatanganan petisi.

Reporter: VR Nugraha