Manfaatkan Aliran Sungai, Pasok Listrik untuk 2.500 Rumah

Minggu, 17 Juli 2016 16:33 Teknologi

Bagikan

Manfaatkan Aliran Sungai, Pasok Listrik untuk 2.500 Rumah
PLTM yang sudah hampir rampung, dan siap beroperasi bulan depan. (Kadek Ari Serun/SN)
Buleleng,Semetonnews - Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTM) dengan memanfaatkan aliran air sungai sebentar lagi beroperasi di Buleleng. Bila tak ada aral melintang, PLTM yang akan beroperasi bulan depan itu akan mensuplai listrik  bagi 2.500 rumah.

PLTM di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Buleleng, akan memanfaatkan aliran air subak Tiying Tali yang mengairi persawahan di wilayah Desa Sambangan dan Desa Panji. Meskipun daya listrik yang dihasilkan, terbilang kecil. Namun keberadaan PLTM ini akan mampu, membantu penyuplaian listrik di Bali. "Kami memanfaatkan aliran sungai sebesar 3,2 kubik untuk menggerakan mesin turbin yang nantinya mampu menghasilkan listrik sebesar 2,3 Megawatt. Listrik yang dihasilkan mampu, menyuplai listrik sebanyak 2.500 rumah atau KK," ujar Direktur PT. Panji Muara Jaya selaku pengelola PLTM Sambangan Andri Doni, Minggu (17/7/2016) sore.

Menurutnya, energi ini merupakan yang pertama di Buleleng, memanfaatkan 70 persen aliran sungai dengan panjang pipa saluran air 500 meteri. "Aliran air masuk ke pipa dan dibelokan ke alur yang kami sediakan, untuk menggerakan turbin. Hitungannya, berapa air masuk memutar turbin, segitu juga air kembali ke sungai," papar Doni sembari mengatakan kini pengerjaan PLTM sudah mencapai 92 persen. Sehingga dipastikan, bulan depan Buleleng sudah memiliki pembangkit listrik dengan energi ramah lingkungan, berbeda dengan PLTU Celukan Bawang yang memakai tenaga batu bara. 

Reporter : Kadek Ari Setun
Editor: VR Nugraha