Ini Pernyataan Mangku Pastika Mengenai Laporannya ke Polda Bali Terhadap Aridus

Selasa, 19 Juli 2016 14:07 Nasional

Bagikan

Ini Pernyataan Mangku Pastika Mengenai Laporannya ke Polda Bali Terhadap Aridus
Gunernur bali made mangku Pastika dan karo Humas Pemprov bali Gede mahendra Putra (kanan). (Robi/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews – Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan laporan yang dilayangkannya ke Polda Bali terhadap Made Sudira lias Aridus bukan karena soal pencemaran nama baik semata. Lebih dari itu laporan dilayangkan karena status yang ditulis pemilik akun Aridus Jiro berkaitan dengan isu SARA.

“Itu bukan soal pencemaran nama baik saya, itu provokasi SARA. Kalau tidak menyangkut kepercayaan saya tidak apa-apa,” kata Mangku Pastika Usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Bali pada Selasa (19/07/2016). Menurut pastika pihaknya mengaku dirinya tidak pernah melarang siapapun menggelar upacara Nngangget Don Bingin di pohon beringin yang terletak areal rumah jabatan gubernur. 

Saat ditanya sejumlah awak media mengenai bunyi status facebook yang tidak menyebutkan nama gubernur Bali dan rumah jabatan, Mangku pastika justru balik bertanya lantas siapa yang dimaksud. Karena itu pastika menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk melakukan analisa terhadap status di akun facebook tersebut. “Kan ditulis ada tempat kediaman orang penting di tempat beringin itu, memangnya di mana? Biarlah polisi yang analisa itu,” kata Pastika. 

 Adapun status yang ditulis Aridus di akun facebooknya pada 8 juli lalu adalah:
"Pagi ini, setelah acara megobedan atau mesangih, baik di rumah masing masing pengiring maupun secara massal di Payadnyaan, terkait upacara memukur di Puri Agung Jro Kuta Denpasar, sore ini dilanjutkan dengan upacara Ngangget Don Bingin. Sayang, acara tidak lagi bisa dilaksanakan di tempat biasa seturut tradisi karena pohon beringin bernilai sakral tersebut dipangkas habis daun dan rantingnya, entah alasan apa? Ada yang berasumsi mungkin orang penting yang kini berumah jabatan di sana tidak ingin terusik ketenangannya. Ohh begitukah? Inikah cermin sikap ajeg Bali termutakhir?"

Sesaat setelah Aridus menulis status tersebut Karo Humas pemerintah provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra langsung bergerak melaporkan pemilik akun Aridus Jiro ke Polda Bali dengan nomor laporan LP/272/VII/2016/Bali/SPKT. Sementara itu Aridus saat ditemui Semetonnews.com mengaku menulis status tersebut dilandasi semangat untuk mempertahankan budaya Bali. tidak dimaksudkan untuk menghina pihak manapun.

"Saya hanya menulis sebagai bentuk kecintaan pada budaya Bali, kalau ada yang kemudian merasa dicemarkan nama baiknya ya saya tidak tahu, karena memang tidak dimaksudkan untuk itu," katanya.

Reporter  : Robinson Gamar