Sesar Aktif, Jawa Timur-Bali Diguncang Gempa

Kamis, 28 Juli 2016 13:44 Peristiwa

Bagikan

Sesar Aktif, Jawa Timur-Bali Diguncang Gempa
Ilustrasi gempa (Net/SN)
Denpasar, Semetonnews - Kamis (28/7/2016) pukul 03.41.47 WIB, sebagian wilayah Pulau Bali dan Jawa Timur diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,5 Skala Richter (SR) dengan episenter pada koordinat 7,67 LS dan 114,65 BT, tepatnya di Laut Bali pada jarak sekitar 55 km arah utara Seririt Bali dengan kedalaman 17 kilometer. 

Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas gempa bumi BMKG atau III MMI di sebagian besar wilayah Pulau Bali dan ujung timur Pulau Jawa. Dampak gempa berupa guncangan dirasakan Tabanan, Negara, Buleleng, Busungbiu, Seririt, Gerogak, Gilimanuk, Banyuwangi, Kalipuro, Lewung, Baluran, dan Situbondo. Di daerah ini guncangan dirasakan oleh orang banyak, sementara benda-benda tergantung berayun dan jendela kaca bergetar.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan rumah akibat gempabumi. Jika ditinjau lokasi pusat gempa buminya dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi yang terjadi berkaitan dengan keberadaan struktur sesar aktif yang terdapat di Laut Bali. 

Data geologi dan tektonik menunjukkan bahwa di Laut Bali memang terdapat sebaran struktur sesar aktif yang memungkinkan terjadinya reaktivasi sesar hingga memicu terjadi gempabumi ini.

Reporter: VR Nugraha