NasDem Siap Tarung di Pilkada Buleleng

Minggu, 28 Februari 2016 19:16 Politik

Bagikan

NasDem Siap Tarung di Pilkada Buleleng
Denpasar, Semetonnews – Sukses di Pilkada Karangasem membuat parta NasDem percaya diri menghadapi Pilkada Buleleng pada 2017 mendatang. Guna mewujudkan hal tersebut, Partai NasDem sejak jauh-jauh hari telah membangun komunikasi politik dengan pimpinan partai politik, baik di Kabupaten Buleleng maupun di tingkat Provinsi Bali.

Langkah selanjutnya adalah menginventarisasi nama-nama yang berpeluang untuk bertarung dalam Pilkada Buleleng 2017. Dari hasil inventarisasi tersebut, Partai NasDem mengerucut pada 8 (delapan) nama yang masuk daftar survei internal partai besutan Surya Paloh itu.

"Kami akan survei tingkat popularitas dan elektabilitas kedelapan figur ini, Maret mendatang. Kami yakin, pada pertengahan Maret sudah dapat diketahui kami akan mengerucut ke siapa," kata Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa, di Denpasar, Minggu (28/2/2016).

Soal siapa saja delapan nama yang disurvei Partai NasDem, Gunastawa tak merincinya. Ia hanya menyebut, mereka terdiri dari figur incumbent, kader, tokoh masyarakat serta beberapa figur yang pernah bertarung pada Pilkada Buleleng sebelumnya. "nanti pasti akan kami sampaikan, tunggu saja," ujar politisi asal Karangasem tersebut. Bermodalkan empat (4) kursi di DPRD Kabupaten Buleleng, Partai NasDem wajib menggalang koalisi untuk bisa mengusung calon.

Untuk skema koalisi ini, Partai NasDem menyiapkan dua opsi. Opsi pertama, menggunakan model koalisi yang dibangun dalam Pilkada Karangasem lalu. Apalagi untuk Pilkada Buleleng, koalisi Partai NasDem dan Partai Hanura sudah cukup untuk bisa mengusung sendiri pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. "Bersama Hanura saja sudah cukup," ujar Gunastawa.

Lantas, apakah untuk figur juga sama seperti skema dalam Pilkada Karangasem, yakni "mencomot" kader PDIP? Ditanya demikian, Gunastawa tak menepisnya. "Jika skema ini yang kami gunakan, bukan tidak mungkin akan seperti itu. Tetapi kita tunggu saja hasil surveinya," tandasnya.

Skema kedua yang disiapkan Partai NasDem adalah, dengan mengikuti pola yang dilakukan saat Pilkada Badung, yakni berkoalisi dengan PDIP. "Opsi mana yang kami pilih, tunggu saja tanggal mainnya, kan waktunya masih lama," pungkas Gunastawa.(Red-SN)


Editor: Robinson Gamar