Koster Usung PPNSB, Sudikerta BM Jilid III, Pastika Pilih Siapa?

Kamis, 04 Agustus 2016 14:08 Politik

Bagikan

Koster Usung PPNSB, Sudikerta BM Jilid III, Pastika Pilih Siapa?
Gubernur Bali, Made mangku Pastika (Kiri). (Robi/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews – Gaung pemilihan gubernur Bali mulai terasa. Walau baru digelar pada 2018 mendatang, masing-masing bakal calon mulai gerilya dengan jargon masing-masing. Antara lain ketua DPD PDIP Bali mengusung Pola pembangunan nasional Semesta berencana sedangkan ketua DPD I Golkar Bali Ketut Sudikerta mengusung Bali Mandara Jilid III.

 Dengan perbedaan jargon ini ke mana dukungan Gubernur Bali made mangku Pastika diarahkan? Pasalnya Mangku pastika adalah Gubernur yang mepopulerkan istilah Bali mandara. Atas hal ini Mangku astika belum memberi jawaban tegas. Pasalnya mangku sendiri belum tahu menahu seperti apa konsep PPNSB.

“PPNSB sendiri saya belum tahu, jadi bagaimana saya berpendapat soal itu. Kalau soal bali mandara saya paham betul, kalau yang satu lagi saya tidak tahu. Jadi jangan ke situ (pilgub-red) arahnya,” kata Pastika saat menggelar makan siang bersama awak media di press room pemprov Bali, Kamis (04/08/2018). Seingat Pastika konsep semesta berencana memang pernah ada di jaman presiden Soekarno. Namun apakah sama dengan yang diwacanakan sekarang Pastika tidak tahu pasti.

“Setahu saya jaman dulu ada, saat jaman presiden Soekarno. Lalu jaman Soeharto diganti dengan model rencana pembangungan jangka panjang yang kemudian diturunkan dalam bentuk repelita. Sekarang diganti lagi jadi RPJMD dan RAPBD,” kata Pastika.

Khusus Bali Mandara menurutnya adalah sebuah visi yang jelas yaitu mewujudkan Bali yang maju, aman, damai sejahtera. Apa maksud dari poin-poin itu jelas diuraikan, langkah apa yang harus diambil untuk mencapainya, dibagi dalam program-program serta tertuang dalam peraturan daerah. Karena itu Pastika berharap Bali Mandara bisa berlanjut sampai jilid lima. Berbeda dengan PPNSB yang konsepnya sama sekali belum diketahui Pastika.

Karena itu Pastika memerintahkan karo Humas Pemprov Bali Dewa Gede Mahendra untuk mencari naskah PPNSB agar bisa dipelajari seperti apa modelnya. “Kalau ada naskahnya akan saya pelajari, tolong ya naskahnya kalau bisa dicarikan,” kata Pastika sambil melirik ke Karo Humas Pemrov Bali.

Reporter   : Robinson Gamar