Bisa Amati Langit Selatan dan Utara, Kupang Potensial Dibangun Dark Sky Park

Sabtu, 06 Agustus 2016 13:55 Nasional

Bagikan

Bisa Amati Langit Selatan dan Utara, Kupang Potensial Dibangun Dark Sky Park
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin. (Dok/SN)
Denpasar, Semetonnews - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin menilai untuk di Indonesia yang potensial dijadikan Taman Langit Gelap atau Dark Sky Park untuk melihat bintang adalah Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

LAPAN mengusulkan kawasan sekitar Observatorium Nasional yang akan dibangun di Kupang sebagai kawasan Taman Langit Gelap. Beberapa kawasan di Nusa Tenggara Timur sangat potensial untuk dijadikan Taman Langit Gelap. Kondisi cuaca yang kering, jumlah malam cerah paling banyak. Kawasan seperti ini bisa menjadi daya tarik turis untuk wisata astronomi yang menarik. Apalagi Indonesia yang berada di wilayah ekuator memungkinkan untuk mengamati langit Utara dan langit Selatan. 

Di Amerika, Jepang, dan Eropa pengamat astronomi lebih banyak mengamati langit Utara. Sementara pengamat di Australia lebih banyak mengamati langit Selatan. Di Indonesia, seperti di Kupang bisa menikmati bintang-bintang di langit Utara dan Selatan lebih leluasa. "Nantinya di kawasan Taman Langit Gelap penggunaan lampu sangat dibatasi, hanya boleh untuk di dalam ruangan yang tidak memancar ke luar," katanya.

Reporter: VR Nugraha