Dua Jempol Bray...Siswa SDN 2 Ubung Berlatih Yoga

Minggu, 07 Agustus 2016 13:39 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Dua Jempol Bray...Siswa SDN 2 Ubung Berlatih Yoga
Siswa SDN 2 Ubung berlarih yoga untuk mengasah pikiran dan ketenangan jiwa. (Angga Wijaya/SN)
Denpasar, Semetonnews - Yoga, olah pikiran dan jiwa asal India makin populer di Bali. Di Denpasar, melalui arahan Walikota Denpasar IB Dharmawijaya Mantra yoga kini diajarkan di SDN 2 Ubung. Siswa kelas 5 dan 6, Minggu (7/8/2016) pun berlatih yoga. Salut, dua jempol brayyy...

Koordinator Ekstrakulikuler (eskul) yoga SDN 2 Ubung  Ni Wayan Swijani,  antusiasme siswa mengikuti yoga sangat tinggi. “Di samping untuk persiapan lomba, yoga diajarkan guna meningkatkan kesehatan fisik maupun mental siswa dan mengikuti anjuran Pak Walikota untuk mengajarkan yoga  bagi siswa SD, ” ujarnya. 

Komang Agus Tiyana Putra, pengajar yoga SDN 2 Ubung menjelaskan, Yoga secara etimologis berasal dari bahasa sansekerta, “yuj” yang artinya menghubungkan. Yoga adalah cara menghubungkan diri dengan Tuhan melalui gerakan-gerakan tertentu. 

"Ada lima tahapan yakni meditasi, peregangan, suryanamaskar, asanas, dan rileksasi,” kata guru agama Hindu SDN 5 Padangsambian ini. Ia menambahkan, yoga sangat penting untuk siswa karena mampu membentuk pikiran dan jiwa yang tenang, apalagi di zaman sekarang siswa lebih suka bermain game dan gadget yang membuat ketidakseimbangan pikiran. 

Reporter: Angga Wijaya
Editor: VR Nugraha