Banyak Rentut JPU "Nyangkut" di Meja Kajari

Minggu, 07 Agustus 2016 20:54 Hukum & Kriminal

Bagikan

Banyak Rentut JPU
Ilustrasi google -semetonnews
Denpasar,Semetonnews-Kondisi persidangan belakangan ini sedikit berbeda dengan sebelmnya. Belakangan ini sering sidang dengan agenda tuntutan, mengalami penundaan. Parahnya lagi, penundaan terjadi bisa sampai tiga kali.

Hal ini tentu saja berpengaruh pada psikoligis terdakwa yang sebagain besar dibawa dari LP Kerobokan, karena harus bolak-balik tapi tidak hasil. Setelah dicek, penundaan sering terjadi karena Jaksa Penuntut Umum (JPU), baik dari Kejaksaan Negeri (PN) Denpasar maupun JPU dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bali belum siap dengan tuntutannya.

Belum siapnya tuntut ini, bukan karena jaksa yang menyidangkan tidak bekerja, tapi rencana tuntutan (Rentut) 'nyangkut' di meja Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Denpasar, Erna Normawati Widodo Putri. Salah satu jaksa yang enggan namanya dikorankan mengatakan, kondisi seperti jarang sekali terjadi.

“Tidak seperti Kajari sebelum-sebelumnya, paginya rentut disampaikan ke Kasi Pidum dan dibawa ke Kajari sudah langsung turun,”ungkapnya. Tidak hanya itu, jaksa ini juga mengatakan, prosedur menyampaian rentut, bila sebelumnya, JPU yang membawa langsung ke Kajari tetapi sekarang, Kajari Erna Normawati tidak berhubungan dengan JPU-nya. JPU hanya sampai di Kasi Pidum, Ketut Maha Agung, selanjutnya Kasi Pidum yang membawanya  ke ruangan Kajari.

Rentut ini, setelah disampaikan ke Kasi Pidum, tidak langsung dibawa ke Kajari tetapi menunggu dengan Rentut dari JPU dalam perkara lainnya. “Kasi Pidum tidak langsung membawanya ke Kajari tetapi menunggu dulu rentut yang lainnya. Sekali jalan, maksudnya,” lanjut jaksa. “Masa, alasan tundanya sidang tuntutan, tuntutan belum siap. Majelis hakim sampai ngomong , jaksa kog ngga profesional, masa tuntutan sampai tunda tiga kali. Jangan – jangan tunda tuh, tunggu dana,” keluhnya.

Reporter : Maria Gracia