Tidak Hadir dalam Sidang, Kesaksian Tetangga Terdakwa Dibacakan

Selasa, 09 Agustus 2016 20:31 Hukum & Kriminal

Bagikan

Tidak Hadir dalam Sidang, Kesaksian Tetangga Terdakwa Dibacakan
Terdakwa Robert Andrew Fiddes Ellis bersama kuasa hukumnya, Yanuar Nahak (Nike/SN)
Denpasar,Semetonnews-Dua orang tetangga korban dan satu korban, seharusnya hadir di PN Denpasar, Selasa (9/8/2016) untuk  menjadi saksi dalam kasus pencabulan anak dibawah umur dengan terdakwa Robert Andrew Fiddes Ellis.

Namun sayang, setelah dipanggil berkali-kali ketiga saksi ini tidak juga hadir. Karena itu, dalam sidang yang gelar tertutup itu, kesaksian ketiga saksi dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) AA Alit Swastika dan Purwanti.

Saksi M yang merupakan saksi korban, pada intinya keterangan sama dengan saksi korban lainya. Yaitu dimandikan oleh terdakwa dicabuli saat dilumuri sabun."Menurut saksi M, setelah dicabuli, dia diberi uang Rp 800 ribu oleh terdakwa,"kata pengacara terdakwa, Yanuar Nahak usai sidang.Namun, kata Yanuar keterangan saksi korban dibantah oleh terdakwa. "Terdakwa membantah mencabuli M, terdakwa mengaku hanya memandikan saja,"sebut pengacara asal NTT itu.

Sementara dua saksi lain, yaitu saksi Ramdah dan saksi Dewa Ayu P yang merupakan tetangga terdakwa di Tabanan dan di Kuta, dalam kesaksianya yang dibacakan memang sering melihat terdakwa membawa anak-anak ke rumahnya. Tapi kedua saksi juga sama-sama mengatakan tidak mengetahui apa yang dilakukan terdakwa terhadap anak-anak yang dibawanya itu.

"Terdakwa Ramdah mengaku tidak mengenal dengan terdakwa, tapi sering melihat terdakwa memboncengan anak-anak naik motor,"ungkap Yanuar. Sedangkan saksi Dewa Ayu P, dalam kesaksianya menyebut pernah dicurhati oleh terdakwa. "Saksi Dewa Ayu P ini mengatakan pernah didatangi terdakwa. Kepada saksi terdakwa mengeluh karena anak-anak sering datang ke tempat terdakwa meminta diajak belanja dan membeli sepeda,"ungkap Yanuar.

Usai membacakan keterangan ketiga saksi, majelis hakim pimpinan Wayan Sukanila langsung menutup sidang dan melajutkan sidang pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi meringakan."Kami rencananya mendatangkan pemilik tanah tempat terdakwa tinggal. Karena menurut terdakwa pemilik tanah ini tahu persis apa yang dilakukan terdakwa selama berada di rumah,"pungkas Yanuar.

Reporter : Maria Gracia