Catat! Bullying Sebabkan IQ dan Kepribadian Anak Berubah

Kamis, 11 Agustus 2016 10:46 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Catat! Bullying Sebabkan IQ dan Kepribadian Anak Berubah
Ilustrasi. (Net/SN)
Denpasar, Semetonnews - Kasus kekerasan di kalangan remaja di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Kasus bullying salah satunya. Menurut Nena Mawar Sari, Psikolog RSUD Wangaya Denpasar ada beberapa anak yang mempunyai latar belakang IQ dan karakter kepribadian yang baik menjadi berubah karena teman-teman yang usil atau mematikan karakter. 

Misalnya meretas akun FB atau melaporkan hal yang belum tentu dilakukan, atau misalkan menyebarluaskan pekerjaan ayah yang tukang ojek. Jika itu dibiarkan akan menyebabkan depresi yang membuat anak tidak produktif, bahkan bisa berkembang menjadi gangguan kejiwaan” ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (11/08/2016).

Bullying muncul karena beberapa faktor. Misal, tuntutan anak remaja sekarang makin beragam dibandingkan anak di era 90-an. Remaja masa kini tak hanya berprestasi dan bersosialisasi namun juga tuntutan agar diterima di lingkungan dengan memiliki handphone bermerk. Itu menambah beban remaja masa kini.

“Televisi juga memiliki peran besar. Dalam peran antagonis sering diperlihatkan sekumpulan anak remaja yang kaya menghina teman yang kekurangan. Ini yang kemudian ditiru oleh para remaja,” sebutnya.

Untuk mengatasi bullying menurutnya guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah diharapkan lebih berperan, bukan untuk memberantas bullying tapi meningkatkan rasa percaya diri remaja sehingga bullying tidak berpengaruh baginya. “Penting bagi anak membekali diri dengan iman dan konsep diri yang baik, dan guru di sekolah harus bisa menjadi tempat berbagi," pungkasnya.

Reporter: Angga Wijaya
Editor: VR Nugraha