Demi Merah Putih, Ayo Dukung Gloria Jadi Paskibraka

Selasa, 16 Agustus 2016 13:31 Nasional

Bagikan

Demi Merah Putih, Ayo Dukung Gloria Jadi Paskibraka
Gloria bersama kedua orang tuanya cita-citanya kandas untuk ikut mengibarkan Sang Saka Merah Putih. (Dok Pribadi/SN)
Jakarta, Semetonnews - Ya, demi Merah Putih. Begitu juga dengan mimpi Gloria Natapradja untuk menjadi anggota pasukan elite Paskibraka yang kandas akibat memiliki dua kewarganegaraan, Indonesia dan Prancis. Dua kewarganegaraan itu karena ayahnya adalah warga negara Prancis.

Sementara Gloria dengan tegas menyatakan ke-Indonesiannya dan mencintai Indonesia. Bahkan, berkirim surat ke Presiden Jokowi lengkap dengan materai soal pernyataan bahwa dia adalah WNI.

Sayangnya, niat Gloria itu kandas di tengah jalan seiring surat Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) yang menyatakan Gloria bukan WNI. Nah, pilih kasihnya aparatur negara ini di mana perlakuan berbeda diterima mantan Menteri ESDM Archandra Tahar mematik reaksi publik.

Simpati terus berdatangan untuk mendukung cita-cita siswi SMA Islam Dian Didaktika itu. Salah satunya dari Wahyu Pratama warga Jakarta yang mengirim petisi dukungan bagi Gloria kepada Presiden Jokowi di laman https://www.change.org/p/president-republik-indonesia-gloria-natapraja-hamel-sebagai-paskibraka-2016-gloria4indonesia.

"Menteri Hukum dan HAM sebagai atasan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) dapat mengoreksi kekurang tepatan surat Dirjen tersebut," kata Ahli Hukum Tata Negara Dr. Bayu Dwi Anggono kepada awak media, Selasa (16/08/2016) siang. Apalagi surat Dirjen AHU itu baru tafsir sepihak. Jika, Menkum-Ham bersedia mengoreksi maka Gloria bisa turut mengibarkan Sang Saka Merah Putih, 17 Agustus 2016.

Reporter: VR Nugraha