ITB, UGM, dan UI; Tiga Besar Kampus Terbaik di Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2016 10:43 Budaya & Pendidikan

Bagikan

ITB, UGM, dan UI; Tiga Besar Kampus Terbaik di Indonesia
Pengumuman pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia oleh Menristek M. Nasir di Jakarta. (Kemenristek/SN)
Jakarta, Semetonnews - Setiap 17 Agustus, seperti tahun-tahun sebelumnya. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia.

Rabu (17/08/2016) Menristek M. Nasir kembali mengumumkan peringkat Perguruan Tinggi di Indonesia. Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI) masih menduduki peringkat tiga terbaik se-nusantara. "Peringkat dari tahun lalu tidak banyak berubah, hanya skor yang berubah," kata Nasir kepada awak media di Jakarta.

Peringkat pertama kampus terbaik di Indonesia untuk 2016 adalah ITB, UGM, UI, IPB, Universitas Brawijaya, ITS, Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Diponegoro, dan Universitas Padjadjaran. Sedangkan untuk tahun 2015 peringkat 10 besar adalah; ITB, UGM, IPB, UI, ITS,  Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Airlangga, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Diponegoro.

Tim Kemenristekdikti dalam melakukan perengkingan merujuk empat kriteria. Yakni kualitas sumber daya manusia (terdiri atas kualitas dan kecukupan dosen), kualitas manajemen, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian. Hingga saat ini ITB masih menjadi kampus terbaik dalam empat aspek penilaian itu.

Reporter: VR Nugraha