Mengugah Rasa Cinta Kemerdekaan, Masihkan Kita Indonesia ?

Rabu, 17 Agustus 2016 15:17 Kolom Opini

Bagikan

Mengugah  Rasa Cinta Kemerdekaan, Masihkan Kita Indonesia ?
Bagus Santa Wardana, SE, MSi. (Ist/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews - 17 Agustus merupakan momen besar perayaan hari kemerdekaan yang tercatat dalam sejarah Negara kita tercinta Republik Indonesia, yang mana seluruh rakyat indonesia bersatu dari sabang sampai merauke menyambut gegap gempita perayaan dengan penuh suka cita.

bagaimana sejarah telah mencatatkan dengan tinta emas perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam satu frame atau kerangka kemerdekaan yang membuahkan rasa satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa.

71 tahun kemerdekaan telah kita rayakan di negeri kita tercinta ini, dalam proses yang sangat panjang tersebut jika di ibaratkan umur manusia angka 71 tahun merupakan angka yang dikatakan sudah matang dan kuat dalam segala hal.

sangat banyak sesuatu yang diperoleh anak bangsa dalam memajukan bangsa ini, dari zaman ke zaman, rezim ke rezim kita dalam melihat bagaimana perubahan-perubahan demi perubahan tampak mengisi dan menghiasi kehidupan kita dalam menjalani kehidupan sebagai bangsa yang besar dengan landasan dan ideologi besar bernama PANCASILA “BHINEKA TUNGGAL IKA” Berbeda beda tetap satu jua dimana dengan  representasi berbagai suku, agama dan kebudayaan yang kita miliki.

Rasa kemerdekaan merupakan  suatu bentuk rasa bagaimana jiwa nasionalisme dan patriotisme kita di uji untuk memberikan suatu penghargaan terhadap bangsa indonesia yang kita cintai ini.

Dengan besar harapan sebagai penerus bangsa, kita akan selalu bertanya,  

Masihkan kita satu nusa

Masihkan kita satu bangsa

Masihkan kita satu bahasa ????

Ya ... kita katakan kita masih satu yaitu satu INDONESIA

Berbagai permasalahan yang tampak di negara kita yang dapat menjadi sumbu awal perpecahan konflik baik itu radikalisme, perpecahan, Isu SARA, terorisme dan Narkoba mewarnai sisi negatif bangsa Indonesia dalam berjalan di umur yang tua ini.

Hingga menimbulkan sejumlah keraguan Anak bangsa (generasi muda) saat ini, dilematis dan sejuta tanya terlontar dari bibir muda mereka,.bagaimana rasa syukur dan rasa hormat kepada bangsa ketika kita menghidup udara, bernafas dan hidup di satu langit, satu tanah dan satu wilayah dalam satu bingkai kebesaran bangsa kita Indonesia.

Tidak mudah menyatukan semangat satu nusa satu bangsa dalam kehidupan kita saat ini, yang mana kita tahu bagaimana pendiri bangsa kita dengan sangat gigih memperjuangkan semangat tersebut hingga menjadi negara yang besar saat ini.

Mencegah hal-hal tersebut kita diharapkan dapat memfilter hal hal yang negatif di dalam kehidupannya, membangun diri sendiri dan menghindari hal hal yang negatif merupakan suatu upaya bagaimana membesarkan dan mengharumkan nama besar bangsa Indonesia di tengah kebesaran nama indonesia.

Begitu pula wujud lainnya dalam implementasi kita tunjukkan bagaimana cara memberi makna kemerdekaan adalah dengan berkarya dan bekerja yang baik demi terwujudnya bangsa yang mandiri, bangsa yang besar berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang politik.

Pemuda !! Tunjukkan pada dunia bahwa kita Satu yaitu INDONESIA

Oleh     : Bagus santa wardana, SE, MSi
Editor  :  Robinson GamrGamr