Dikecewakan Golkar, Sukaja Pindah ke NasDem

Jumat, 19 Agustus 2016 08:52 Politik

Bagikan

Dikecewakan Golkar, Sukaja Pindah ke NasDem
Ketua DPW NasDem Bali IB Oka Gunastawa menyerahkan SK kepengurusan kepada pengurus NasDem Se-Bali. (Robi/Semetonnews)
Denpasar, Semetonnews - Kecewa atas perlakuan Golkar, Politisi asal Tabanan I Wayan Sukaja lompat pagar ke ke NasDem Bali terhitung Jumat (18/8/2016). Padahal Sukaja baru merapat ke Golkar sejak mei 2016 lalu. Jika di Golkar Sukaja mendudki posisi wakil ketua bidang pemenangan pemilu wilayah 2 DPD Golkar Tabanan, sementara di nasDem dudu sebagai pengurus DPW NasDem Bali pada posisi wakil ketua Bidang politik dan pemerintahan.


Jabatan Sukaja itu tertuang dalam Surat Keputusan DPP Partai NasDem Nomor 385-SK/DPP-NasDem/VIII/2016. "Saya sudah menyerahkan surat pengunduran diri ke DPD Golkar Tabanan," kata Sukaja, Jumat (18/8/2016) di sela-sela acara penyerahan SK DPP Partai NasDem tentang Struktur Kepengurusan DPD Partai NasDem se-Bali, di Istana Taman Jepun, Denpasar.


Kendati penyerahan surat pengunduran diri itu terkesan mendadak, namun menurut dia, pernyataan pengunduran dirinya sudah sampaikan sejak dulu setelah digelarnya Musyawarah Daerah (Musda) DPD II Partai Golkar Tabanan akhir Juli lalu. Sukaja mengaku meninggalkan partai Golkar karena kecewa dengan manajemen pengelolaan partai tingkat daerah dan manajemen kepengurusan. Ia juga mengaku kecewa dengan proses pemilihan Ketua DPD II Golkar Tabanan beberapa waktu yang lalu. “Orang pergi pasti karena kecewa ya, sekedarnya itu. Tapi kalau untuk hal lainnya, banyak tapi tidak bisa saya sampaikan secara langsung,” katanya.

Partai NasDem menjadi partai keempat dalam karir politik Sukaja. Sebelum merapat NasDem dan Golkar, Sukaja pernah menjadi kader partai Hanura. Sebelumya di Hanura, Sukaja merupakan kader militan PDIP dengan basis massa yang kuat. Dia menjabat Sekretaris DPC PDIP kabupaten Tabanan periode 2005-2010. Mantan ketua DPRD kabupaten Tabanan ini pisah ranjang dengan PDIP setelah mencalonkan diri  bupati Tabanan dari partai lain pada tahun 2010 silam.

Ketua DPW Partai NasDem Bali IB Oka Gunastawa mengapresiasi pilihan Sukaja untuk bergabung dengan partainya. Menurut dia, Sukaja memilih bergabung dengan NasDem karena spirit perjuangannya sama dengan partai NasDem. "Suasana hatinya cocok dengan NasDem. Pak Sukaja masih muda, karir politiknya masih panjang, dan spirit perjuangannya sama dengan NasDem. Titik temunya di situ," ujar Gunastawa.

Reporter   : Robinson Gamar