Siswa Berkebutuhan Khusus Bisa Belajar di Sekolah Tunas Daud

Sabtu, 20 Agustus 2016 11:35 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Siswa Berkebutuhan Khusus Bisa Belajar di Sekolah Tunas Daud
Siswa Sekolah Tunas Daud dalam salah satu kegiatan belajar. (Angga Wijaya/SN)
Denpasar, Semetonnews - Tak banyak sekolah yang menerapkan pendidikan inklusif yang menerima Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai peserta didik. Salah satu sekolah tersebut adalah Sekolah Tunas Daud Denpasar. 

Sekolah yang terletak di Jalan Kebo Iwa No. 8 Denpasar ini menerapkan pendidikan inklusif dimana ABK dapat mengenyam pendidikan setara dengan siswa normal lainnya. Development Coordinator Sekolah Tunas Daud, Vonny A. Susanta, S.Pd, M.Ed, M.PdK mengatakan, Anak Berkebutuhan Khusus yang dimaksud adalah anak yang menderita Austisme, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau hiperaktif dan ADD (Attention Deficit Disorder) adalah anak yang mempunyai perhatian buruk atau pendek dan memiliki impulsivitas tidak sesuai dengan usia anak dimana mereka memang memiliki kekhususan dalam penanganan.

“Ada beberapa sistem pendidikan inklusi yakni closter, regular, pull out dan kombinasi. Kami menggunakan sistem pull out, jadi anak yang memiliki kesulitan dalam mata pelajaran tertentu kami pisahkan dengan anak lainnya dan ditangani secara individual,” ujarnya saat diwawancara pada Sabtu (20/08/2016)

Ditambahkannya, ABK tak seperti yang dibayangkan orang yakni memiliki kecerdasan yang rendah. Banyak ABK yang mempunyai kemampuan lebih dalam mata pelajaran tertentu dan mereka termasuk kategori jenius. “Kami juga bekerja sama dengan RS Sanglah Denpasar yang rutin mengunjungi sekolah kami untuk pemeriksaan kesehatan dan konseling bagi para ABK,” sebut dia.

Reporter: Angga Wijaya
Editor: VR Nugraha

Siswa Sekolah Tunas Daud dalam salah satu kegiatan belajar. (Angga Wijaya/SN)