SID Tampil, Polisi Larang Penonton Beratribut Bali Tolak Reklamasi

Minggu, 21 Agustus 2016 15:00 Nasional

Bagikan

SID Tampil, Polisi Larang Penonton Beratribut Bali Tolak Reklamasi
Jerinx SID saat tampil di Ultah SMAN 1 Tabanan. (Ist/SN)
Tabanan, Semetonnews - Acara konser musik dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMAN 1 Tabanan (Smasta) mendatangkan Superman Is Dead (SID) sebagai bintang tamu mendadak ramai dibicarakan di dunia maya, pasalnya dalam acara tersebut penonton atau band dilarang masuk menggunakan atribut atau menyuarakan Bali Tolak Reklamasi (BTR). 

Dipintu masuk, aparat memeriksa semua penonton untuk memastikan tidak ada atribut BTR yang masuk. Yang ketahuan membawa tidak akan diijinkan masuk. Dalam postingan akun facebook SID pun, tertulis kika panitia acara yang notabene anak SMA "ditekan" sedemikian rupa hingga merekapun tak punya pilihan lain untuk mengikuti "instruksi" dari pembina. 

"Bahkan pihak aparat yang bernegoisasi dengan kami pun secara tersirat menyatakan simpatinya terhadap SID namun apa daya dia hanya "menjalankan perintah". Dan lucunya perintah itu datangnya bukan dari pimpinan yang bermarkas di Denpasar saja, melainkan langsung dari Jakarta," tulis SID dalam tulisan yang diposting Minggu (21/8/2016). 

Akan tetapi ada juga penonton yang berhasil masuk dengan membawa atribut BTR bahkan mengibarkan bendera BTR selama beberapa menit sebelum akhirnya diminta untuk turun. Begitu juga dengan kaos BTR yang dipasang pada drum yang dimainkan Jerinx SID hanya bertahan dua lagu sebelum aparat memaksa kaos tersebut dilepas.

Banyak pihak yang menyayangkan tindakan tersebut, karena selain mengekang kebebasan berekspresi, hal tersebut juga dianggap mengingkari Indonesia sebagai negara demokrasi. Tulisan tersebut pun menarik 270 komentar dengan 5,9k likes. 

Reporter : Trisna Ayu
Editor: VR Nugraha